Volkswagen Group memiliki merek seperti VW, Audi, Bentley, dan Porsche.(REUTERS/MATTHIAS RIETSCHEL via ABC INDONESIA)
Volkswagen Group memiliki merek seperti VW, Audi, Bentley, dan Porsche.(REUTERS/MATTHIAS RIETSCHEL via ABC INDONESIA) ( KOMPAS.COM)

Toyota dan VW Sebagai Mobil Paling Laris di Dunia

22 Mei 2023 20:13 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Produsen kendaraan bermotor roda empat atau lebih asal Jepang, Toyota Motor Corporation berhasil menjadi pabrikan mobil terlaris di dunia pada periode 2022.

Mengutip Reuters, Senin (22/5/2023), hal tersebut setelah Toyota berhasil menjual 10,5 juta kendaraan bermotor yang mencangkup merek Daihatsu dan truk Hino.

Sehingga mereka berada di peringkat teratas dunia sepanjang tiga tahun berturut-turut walau turun tipis 0,1 persen secara tahunan.

Rekor penjualan luar negeri sebanyak 8,6 juta kendaraan membantu mengimbangi penurunan 9,6 persen di pasar dalam negeri yang hanya sebanyak 1,9 juta unit.

Saingan Toyota yang berada di peringkat kedua adalah Grup Volkswagen. Pada awal bulan ini, Volkswagen melaporkan penjualan terendah dalam lebih dari satu dekade, sebanyak 8,3 juta kendaraan.

Kondisi ini terjadi penutupan monilits publik selama terjadinya pandemi Covid-19 di China dan perang di Ukraina yang merusak rantai pasokan.

Sementara beberapa kendala pasokan terkait cip tetap ada untuk Toyota. Walau begitu, mereka mengatakan adanya permintaan yang kuat di Asia.

Selain itu, peningkatan kapasitas produksi serta optimalisasi di Asia dan Amerika Utara membantu Toyota meningkatkan produksi global sebesar 5 persen pada tahun 2022.

Mengutip Business Insider, ke depannya, Toyota mengatakan situasinya tetap sulit diprediksi karena kekurangan semikonduktor dan Covid-19.

Kendati demikian, perusahaan mencatat bahwa ada rebound dari kekurangan pasokan suku cadang yang terkait dengan penyebaran pandemi Covid-19 di tahun sebelumnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Toyota dan VW Jadi Mobil Terlaris di Dunia", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/22/185100415/toyota-dan-vw-jadi-mobil-terlaris-di-dunia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm