lorot atau jelurut, kue tradisional yang bisa ditemui di beberapa daerah Indonesia.
lorot atau jelurut, kue tradisional yang bisa ditemui di beberapa daerah Indonesia. ( Dok. Shutterstock/Hanifah Kurniati)

Berikut Ini Cara Membuat Kue Clorot, Kue Tradisonal Khas Purworejo

23 Mei 2023 12:19 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu makanan khas Purworejo, Jawa Tengah adalah kue tradisional clorot. Clorot terbuat dari santan dan tepung beras yang dibungkus dengan daun janur. Rasa clorot manis dan sedikit gurih.  Clorot kerap kali diburu oleh para wisatawan sebagai oleh-oleh khas Purworejo.  Namun, jika kamu belum berkesempatan untuk mampir ke Purworejo dan mencicipi clorot, kamu bisa coba untuk membuatnya sendiri di rumah. Bahan dan cara membuatnya mudah.  Ikuti resep clorot berikut ini, dikutip dari buku “30 Menu Jajanan Pasar” (2018) karya Tim Dapur Nulekker terbitan PT Bhuana Ilmu Populer. 

Resep clorot

Bahan

800 ml santan dari 1 butir kelapa

400 gram gula merah

250 gram tepung beras

50 gram tepung kanji

3 lembar daun pandan

1 sdt garam

Daun kelapa muda atau janur secukupnya 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm