Perawatan ban cadangan mobil agar siap digunakan kondisi darurat(Dicky Aditya Wijaya)
Perawatan ban cadangan mobil agar siap digunakan kondisi darurat(Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Ingat, Jangan Cuek Terhadap Kondisi Ban Cadangan Mobil

23 Mei 2023 20:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Masing-masing mobil selalu memiliki ban serep atau cadangan. Sayang, banyak pemilik yang sampai saat ini kurang peduli sehingga saat dibutuhkan malah tak bisa digunakan.

Penting diketahui, ban cadangan mobil juga butuh perawatan seperti ban yang digunakan, karena itu jangan mengabaikan kondisinya.

Menurut On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal, perawatan ban serep sebenarnya sangat gampang dilakukan. Bahkan lebih gampang dari ban utama atau yang digunakan.

"Paling utama cukup menjaga tekanan udara sesuai dengan standar yang telah direkomendasikan pabrikan mobil," ujar Zuplata kepada Kompas.com belum lama ini.

Zulpata menjelaskan, untuk ban serep yang modelnya sama dengan yang sedang digunakan, disarankan memiliki intial pressure sekitar 44 psi atau 3.0 kg per cm2.

Sementara untuk yang tipenya khusus ban serep, biasanya pada bagian dinding ada tulisan temporary tire dengan tekanan 4.2 kg per cm2 atau sekitar 60 psi.

Terkait perawatan, ada baiknya yang disimpan di kolong mobil lebih diperhatikan. Pemilik mobil sesekali bisa menurunkan ban cadang untuk melakukan pengecekan dan membersihkan, karena biasanya akan lebih kotor dari yang disimpan di bawah bagasi.

Sedangkan yang berada di dalam bagasi, menurut Zulpata cukup mengecek kondisi tekanan udaranya. Hal ini untuk memastikan bila ban serep tersebut siap digunakan saat dibutuhkan.

"Kalau sekali-kali dikasih pengilap (semir) ban lebih baik lagi, jadi agar kelihatan lebih bersih," kata Zulpata.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingat, Jangan Cuek dengan Kondisi Ban Cadangan Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/23/173100715/ingat-jangan-cuek-dengan-kondisi-ban-cadangan-mobil.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm