ilustrasi Giphy
ilustrasi Giphy ( theverge.com)

Meta Jual Rugi Giphy ke Shutterstock

25 Mei 2023 20:10 WIB

SonoraBangka.ID - Meta menjual rugi Giphy, mesin pencari animasi GIF yang dibeli perusahaan tiga tahun lalu. Meta sepakat menjual Giphy kepada Shutterstock. Kesepakatan penjualan ini akan ditutup pada akhir Juni mendatang.

Disebut rugi karena Meta menjual Giphy lebih rendah dari harga belinya dulu, yaitu seharga 53 juta dollar AS atau setara Rp 792 miliar (1 dollar AS = Rp 14.954).

Padahal, induk Facebook itu dulunya mengakuisisi Giphy dengan mahar 400 juta dollar AS atau nyaris Rp 6 triliun.

Meski dijual, kedua perusahaan sepakat bahwa semua produk Meta seperti Instagram dan Facebook tetap bisa mengakses konten Giphy dari aplikasi.

Penjualan Giphy sendiri tak lepas dari desakan Otoritas Persaingan dan Pasar (CMA) Inggris yang memerintahkan Meta untuk melepas Giphy. Pasalnya, akuisisi Giphy oleh Meta dinilai akan berdampak pada persaingan yang tidak sehat.

Perintah itu awalnya dikeluarkan CMA pada November 2021. Namun, Meta memilih banding sehingga proses negosiasi menjadi lebih lama.

Pada Oktober 2022, Meta kemudian mengonfirmasi pihaknya membatalkan banding, tetapi tetap enggan melepas Giphy.

CMA lantas mengeluarkan peringatan terakhirnya pada Januari lalu dan memberikan tenggat selama enam bulan kepada Meta untuk menjual Giphy, dihimpun dari TechCrunch, Kamis (25/5/2023).

Bagi Shutterstock, Giphy akan memperkaya konten perusahaan. Dalam pernyataan resminya, Shutterstock berkata bahwa kesepakatan perusahaan dengan Meta akan memperluas pustaka konten, kemudian menyertakan GIF dan stiker ke pengiklan dan brand.

Selain itu, Shutterstock juga berkata bahwa kesepakatan itu akan membantu pihaknya meningkatkan strategi pengembangan kecerdasan buatan (AI) dan metadata yang tengah berkembang.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm