PT Kereta Api Indonesia (Persero) memodifikasi kursi kereta ekonomi non-subsidi atau komersial menjadi seperti kursi di kereta eksekutif. Pada tahap awal ini, sudah ada 4 gerbong kereta ekonomi yang telah berhasil dimodifikasi.
PT Kereta Api Indonesia (Persero) memodifikasi kursi kereta ekonomi non-subsidi atau komersial menjadi seperti kursi di kereta eksekutif. Pada tahap awal ini, sudah ada 4 gerbong kereta ekonomi yang telah berhasil dimodifikasi. ( KOMPAS.com)

KAI "Rombak" Kursi Kereta Ekonomi Jadi Mirip KA Eksekutif

26 Mei 2023 14:40 WIB

SonoraBangka.ID - Viral di media sosial PT Kereta Api Indonesia (Persero) sedang memodifikasi kursi di unit kereta ekonomi. Unggahan salah satu akun Tiwtter memperlihatkan perubahan modifikasi ini.

Selama ini kursi kereta ekonomi berbentuk tegak 90 derajat dan tidak ada sekatnya, setelah dimodifikasi menjadi seperti kursi kereta eksekutif yang diberikan sekat dan sandaran yang lebih nyaman.

VP Public Relations KAI Joni Martinus membenarkan hal tersebut. Dia bilang, modifikasi pada kursi kereta dilakukan pada kereta ekonomi non-subsidi atau komersial.

Pada tahap awal ini, sudah ada 4 gerbong kereta ekonomi yang telah berhasil dimodifikasi.

"Saat ini KAI memang tengah melakukan modifikasi interior kereta beserta kursinya di Balai Yasa Manggarai. Modifikasi ini sebagai bagian dari program peningkatan pelayanan di kelas ekonomi," ujar Joni dalam keterangannya, Kamis (25/5/2023).

Joni menjelaskan, melalui modifikasi ini, jumlah kursi yang tadinya berkapasitas 80 tempat duduk, kini menjadi 72 tempat duduk sehingga memberikan kesan yang lebih luas.

Keunggulan lainnya yaitu kursi kereta dapat disandarkan atau reclining dan diputar atau revolving seperti kursi pada kereta eksekutif.

Selain itu, pada interior kereta juga ditambahkan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu. Interior kereta juga dimodif mirip dengan kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah.

"Tak hanya itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan nuansa yang lebih mewah dan menggunakan toilet duduk," ucapnya.

Kendati demikian, saat ini Joni belum dapat memastikan upaya modifikasi akan dilakukan pada kereta api apa dan kapan akan dilakukan. Pasalnya, hingga kini PT KAI masih mengkaji rencana operasional memodifikasi kereta ekonomi.

Yang jelas, kata dia, dalam waktu dekat penumpang kereta ekonomi akan merasakan pengalaman yang berbeda dan lebih nyaman dari sebelumnya.

"Melalui modifikasi ini, KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan ke depannya untuk menjadikan perjalanan kereta api aman, nyaman, dan sehat," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KAI "Rombak" Kursi Kereta Ekonomi Jadi Mirip KA Eksekutif", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/05/26/063000626/kai-rombak-kursi-kereta-ekonomi-jadi-mirip-ka-eksekutif.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm