Injektor merupakan komponen yang sering bermasalah pada mesin diesel (Kompas.com/Erwin Setiawan)
Injektor merupakan komponen yang sering bermasalah pada mesin diesel (Kompas.com/Erwin Setiawan) ( KOMPAS.COM)

Inilah Tanda Injektor Mesin Diesel Bermasalah

28 Mei 2023 18:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Injektor pada mesin diesel bukan onderdil murah. Maka dari itu diperlukan solusi yang tepat supaya setiap kerusakan injektor tidak melulu harus diganti.

Bukan menjadi rahasia umum bahwa injektor mesin diesel yang rusak bisa diperbaiki dengan melakukan servis, kalibrasi atau penggantian komponen dalam injektor yang bermasalah.

Tapi, tetap saja biaya perbaikan injektor masih tergolong mahal. Maka dari itu, banyak orang berusaha untuk menjaganya agar senantiasa dalam kondisi prima. Kalau sudah ada tanda-tanda injektor bermasalah sebaiknya segera diperbaiki.

Esa Pemilik bengkel Denso Esa Diesel mengatakan ada beberapa tanda jika injektor pada mesin diesel mulai bermasalah, akan semakin banyak dan jelas gejalanya bila kerusakan sudah parah.

“Gejalanya yang paling umum penurunan performa, tarikan mesin menjadi lebih lemot daripada biasanya, bisa juga diikuti dengan bunyi kasar di area mesin,” ucap Esa kepada Kompas.com, Selasa (23/5/2023).

Esa mengatakan suara kasar di area mesin ini lebih kepada suara knocking akibat pembakaran yang tidak sempurna.

Tentu saja sebuah mesin yang tidak didukung dengan pembakaran sempurna maka performanya akan menurun.

Injektor menjadi salah satu faktor yang menentukan apakah pembakaran pada mesin diesel sempurna atau tidak.

“Bisa juga dilihat dari asap knalpot yang keluar, bila asap berwarna putih pekat itu bisa menjadi tanda ada masalah pada injektor, ini sering mengecoh beberapa orang dianggapnya asap putih itu wajib turun mesin,” ucap Esa.

Padahal dengan melakukan kalibrasi dan servis injektor saja asap putih tersebut bisa sembuh, menurut Esa.

“Setelah dilakukan kalibrasi dan servis injektor, asap putih hilang, karena asap putih dari knalpot mesin diesel disebabkan oleh kerja injektor yang sudah menurun, bisa karena bocor, kotor dan pampat,” ucap Esa.

Sementara asap putih tersebut bisa dari kotoran, kandungan air atau pun oli yang mungkin saja ikut terbakar ketika ada masalah atau kebocoran pada injektor.

Jadi, injektor pada mesin diesel yang bermasalah bisa ditandai dengan menurunnya performa mesin, suara kasar di area mesin dan keluar asap putih dari knalpot.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Tanda Injektor Mesin Diesel Bermasalah", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/28/102100515/begini-tanda-injektor-mesin-diesel-bermasalah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm