Ilustrasi gejala tekanan darah rendah.(iStockphoto/Tunatura)
Ilustrasi gejala tekanan darah rendah.(iStockphoto/Tunatura) ( KOMPAS.COM)

10 Penyebab Tekanan Darah Rendah yang Perlu untuk Diwaspadai, Apa Saja?

28 Mei 2023 20:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Darah rendah secara sederhana adalah kondisi ketika Anda memiliki tekanan darah lebih rendah dari 90 mm Hg untuk angka atas (sistolik) atau 60 mm Hg untuk angka bawah (diastolik).

Tekanan darah rendah atau hipotensi bisa memiliki penyebab yang bervariasi, berkisar dari dehidrasi hingga kondisi medis yang serius.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui risiko dan faktor penyebab kondisi tekanan darah rendah, supaya dapat dihindari atau dicegah sejak dini.

Penyebab tekanan darah rendah

Pengaturan aliran darah internal tubuh terkadang dapat menyebabkan Anda memiliki tekanan darah lebih rendah dari normal.

Tekanan darah bervariasi dari satu orang ke orang lain. Bahkan penurunan sekecil 20 mmHg, dapat menimbulkan masalah bagi sebagian orang.

Dilansir Penn Medicine, tekanan darah rendah yang berat dapat disebabkan oleh kehilangan darah secara tiba-tiba (syok), infeksi berat, serangan jantung, atau reaksi alergi yang parah (anafilaksis).

Hipotensi ortostatik disebabkan oleh perubahan posisi tubuh yang tiba-tiba, seperti beralih dari berbaring ke berdiri.

Selain itu, tekanan darah rendah juga bisa terjadi karena berdiri terlalu lama, yang disebut neurally mediated hypotension. Ini paling sering menyerang orang dewasa muda dan anak-anak.

Sejalan dengan itu, dikutip dari Cleveland Clinic, hipotensi atau tekanan darah rendah dapat terjadi karena berbagai alasan, antara lain:

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm