Ilustrasi wajan besi cor atau cast iron.
Ilustrasi wajan besi cor atau cast iron. ( SHUTTERSTOCK/OKSANA MIZINA)

Olesi Tepung, Berikut 5 Tips Masak Kue Dengan Wajan Cast Iron

30 Mei 2023 18:32 WIB

SonoraBangka.id - Wajan merupakan salah satu alat masak yang biasanya tersedia di dapur setiap rumah tangga. Wajan pun jenisnya beraneka ragam, salah satunya ada yang terbuat dari cast iron.  Wajan cast iron biasanya digunakan untuk memasak steak atau ayam panggang. Namun, belum banyak orang yang tahu kalau wajan cast iron juga bisa dipakai untuk masak kue.  Melansir laman The Kitchn, berikut ini lima tips masak kue dengan wajan cast iron.

1. Gunakan pastry brush untuk mengolesi wajan cast iron

Sama seperti wajan lainnya, wajan cast iron harus dilapisi dengan mentega atau minyak terlebih dahulu agar tidak lengket.  Kamu dapat menggunakan pastry brush berbahan silikon untuk mengoles mentega atau minyak ke wajan cast iron.  Hal ini dapat membantu minyak terserap ke semua sudut dan dinding wajan cast iron. Kamu juga bisa menggunakan alat oil sprayer.

2. Lapisi dengan tepung

Setelah diolesi minyak, lapisi lagi wajan cast iron dengan tepung. Tepung dapat mempermudah mengeluarkan makanan yang selesai di panggang.  Cara melapisi tepung ke wajan cast iron pun mudah. Taburkan sedikit tepung pada setiap sisi wajan dan ratakan tipis-tipis. Ketuk wajan secara perlahan untuk menghilangkan tepung yang berlebih.  Jika kamu ingin membuat roti gluten-free, kamu dapat menggunakan jenis tepung gluten-free, bubuk kakao, atau tepung jagung.

3. Perhatikan waktu memasak

Kue yang dipanggang dengan wajan cast iron bisa matang lebih cepat. Hal itu karena wajan cast iron dapat menahan panas dengan sangat baik.  Jadi, kamu harus memperhatikan kue dengan baik dan hati-hati saat memanggang dengan wajan cast iron. Jangan sampai kue gosong. 

4. Gunakan pisau mentega untuk keluarkan kue dari wajan cast iron 

Setelah kue matang, saatnya mengeluarkan kue dari wajan. Kamu dapat menggunakan pisau mentega untuk mempermudah mengeluarkan kue. Longgarkan setiap sisi dinding wajan dengan pisau mentega dan angkat kue secara perlahan. 

5. Panaskan wajan cast iron sebelum digunakan

Sebelum adonan dituang, wajan harus dalam keadaan sudah panas. Hasilnya, kue akan lebih renyah. Namun, jika kamu lebih suka kue yang tidak renyah dan lebih lembut, kamu bisa langsung menuang adonan dalam keadaan wajan cast iron belum panas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips Masak Kue dengan Wajan Cast Iron, Jangan Lupa Olesi Tepung", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/05/29/170500175/5-tips-masak-kue-dengan-wajan-cast-iron-jangan-lupa-olesi-tepung.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm