Arti kata cawe-cawe yang diucapkan oleh Jokowi.(dok. istimewa)
Arti kata cawe-cawe yang diucapkan oleh Jokowi.(dok. istimewa) ( kompas.com)

Apa Arti dari Kata "Cawe-cawe" yang Sering Diucapkan Jokowi Jelang Pilpres?

30 Mei 2023 19:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kata "cawe-cawe" diucapkan oleh Presiden Joko Widodo dalam pertemuan dengan para pimpinan media dan sejumlah podcaster nasional di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/5/2023).

General Manager News and Current Affairs Kompas TV Yogi Nugraha mengatakan, Presiden mengucapkan kata cawe-cawe sebanyak lebih dari tujuh kali.

Istilah itu disampaikan oleh Jokowi ketika pimpinan media menanyakan mengenai sosok calon presiden (capres) dan wakil calon presiden (cawapres) pada Pemilu 2024 mendatang.

"Ya saya untuk hal ini, saya harus cawe-cawe. Karena untuk kepentingan negara," ucap Yogi menirukan perkataan Jokowi, dilansir dari Kompas.com, Senin (29/5/2023).

Yogi juga mengatakan bahwa Jokowi mempunyai cara sendiri untuk cawe-cawe.

"Ini saya tidak akan menggunakan tentara. Bahwa saya punya cara cawe-cawe dan saya tahu persis bagaimana cara berpolitik yang baik," tiru Yogi.

Kata itu kembali ditegaskan oleh Jokowi ketika mengakhiri sesi pertemuan dengan pimpinan media.

"Bahkan, tadi mau closing saja, (dibilang) 'Sekali lagi ya, cawe-cawe'. Seperti memberi pesan kepada semua orang bahwa, 'memang iya saya cawe-cawe'," jelas Yogi.

Lantas, apa arti kata cawe-cawe?

Arti kata cawe-cawe

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm