Ilustrasi cireng pedas
Ilustrasi cireng pedas ( Shutterstock/Arni's Indonesia)

Pakai Api Sedang, Berikut 7 Tips Bikin Cireng Agar Tidak Meletup

31 Mei 2023 16:36 WIB

SonoraBangka.id - Cireng adalah salah satu gorengan yang mudah dibuat. Bahan utama dari cireng adalah tepung aci atau tepung sagu. Teksturnya yang renyah di luar dan kenyal di dalam membuat siapa saja menyukainya. Namun, ada tantangan tersendiri bagi sebagian orang saat akan menggorengnya. Cireng biasa mengembang hingga meledak ketika digoreng. Terutama bagi pemula yang ingin membuatnya sendiri di rumah. Ada tips goreng cireng yang mudah diikuti, salah satunya pakai api sedang yang stabil.

1. Hindari menggunakan baking soda

Dalam sebuah program Tanya Chef yang diunggah oleh akun Instagram @my.foodplace pada Kamis (08/07/2021), Executive Sous Chef G.H. Universal Hotel Bandung Tonny James menyarankan untuk tidak menggunakan baking soda. “Setelah kita membuat adonan, segala macam dicampur, jangan pernah menambahkan yang namanya baking soda,” kata Tonny dalam video tersebut. Adonan cireng tidak perlu baking soda karena lapisannya bisa renyah alami.

2. Jangan pakai api tinggi

Dilansir dari buku "Homemade Snacks & Desserts ala Xander's Kitchen (SC)" (2020) oleh Junita terbitan Gramedia Pustaka Utama, hindari menggunakan api tinggi pada saat menggoreng cireng. Lebih baik gunakan api sedang agar tidak meletup dan cireng memercikkan api.

3. Adonan sudah jadi langsung digoreng

Menurut Chef Tonny, adonan cireng yang sudah jadi bisa langsung digoreng saja. Cara menggorengnya sama, tidak pakai api besar.

4. Minyak jangan panas

Gunakan minyak yang tidak perlu sampai merendam cireng, pastikan kamu gunakan dalam jumlah yang lumrah dan hindari menggunakan minyak terlalu panas.

5. Goreng dalam jumlah yang pas

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm