Gunting dapur yang berkarat bisa dibersihkan dengan perasan lemon.
Gunting dapur yang berkarat bisa dibersihkan dengan perasan lemon. ( SHUTTERSTOCK/Igor Nikushin)

Bisa Pakai Air Lemon, Berikut 4 Cara Bersihkan Gunting Dapur Berkarat

31 Mei 2023 16:42 WIB

SonoraBangka.id - Gunting dapur berguna untuk memotong aneka bahan makanan sebelum dimasak sehingga harus dirawat dengan tepat agar tidak berkarat. Sama halnya dengan pisau, karat pada gunting dapur biasanya disebabkan oleh kebersihan dan kelembapan alat memotong ini. Bila sudah terlanjur berkarat, jangan membuang gunting dapur. Kamu masih bisa membersihkannya dan mengembalikan fungsinya dengan maksimal. Dilansir dari The Kitchn, simak empat cara membersihkan gunting dapur berkarat berikut ini.

1. Pakai perasan lemon untuk membersihkan gunting dapur

Asamnya perasan lemon dapat membantu menghilangkan karat gunting dapur dan pisau. Caranya, isi gelas dengan perasan lemon, lalu rendam gunting di dalamnya selama 10-15 menit. Perasan lemon dapat dicampur dengan garam untuk memaksimalkan pembersihannya dari karit. 

2. Bersihkan gunting dapur berkarat dengan soda kue

Campur soda kue dengan air hingga membentuk pasta. Selanjutnya, oleskan pasta soda kue ke bagian karat gunting dapur. Biarkan olesan soda kue menutupi bagian karat gunting dapur selama satu jam, lalu cuci dan keringkan.

3. Rendam gunting dapur berkarat dalam cuka putih 

Biarkan gunting dapur berkarat direndam cuka putih selama satu malam. Hal ini bisa membantu membersihkan gunting dari karat. Cara lainya, ambil kain bersih dan rendam dalam cuka putih, kemudian lap ke bagian gunting yang berkarat.

4. Manfaatkan kentang untuk membersihkan gunting dapur 

Kentang mengandung asam oksalat yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan gunting dapur berkarat. Potong kentang dan gosok menyeluruh ke gunting dapur untuk membersihkan karatnya, lalu cuci dan keringkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Bersihkan Gunting Dapur Berkarat, Bisa Pakai Air Lemon", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/05/24/140400375/4-cara-bersihkan-gunting-dapur-berkarat-bisa-pakai-air-lemon.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm