Ilustrasi anak-anak bermain di dalam rumah.
Ilustrasi anak-anak bermain di dalam rumah. ( PIXABAY/VIKI_B)

Ternyata, Ini Alasan Sebaiknya Tidak Memaksa Anak Balita Untuk Berbagi

3 Juni 2023 14:47 WIB

SonoraBangka.id Melakukan hal kecil dan bermakna melalui kegiatan berbagi dengan sesama bisa membuat hidup kita menjadi lebih bahagia.

Tapi, sebagian besar orang tua berada dalam situasi yang tidak nyaman di mana anak mereka menolak untuk berbagi mainan dengan anak lain.

Bahkan, tidak sedikit orang tua mencoba membujuk anak untuk melepaskan mainan yang dinikmati karena anak lain tertarik padanya.

Tidak ada salahnya untuk berbagi, namun memaksa anak untuk berbagi sesuatu yang berharga miliknya tidaklah tepat.

Anak-anak kecil akan beranggapan bahwa mainannya diberikan kepada anak lain, sebab mereka belum mengerti arti berbagi atau meminjamkan.

Normal anak usia dini tidak mau berbagi mainannya, sebab mereka mengakui bahwa apa yang sedang dipegang adalah miliknya.

Memaksa untuk berbagi bukan solusi, sebaliknya justru akan mengembangkan anak bersikap people pleaser di masa depan.

People pleaser adalah tindakan melakukan sesuatu berdasarkan rasa sungkan atau tidak enakan demi menyenangkan orang lain.

Ketika dipaksa dan anak memberikan mainannya secara berulang-ulang, harga diri anak akan turun karena merasa tidak dihormati.

Ingat, anak menolak berbagi bukan berarti sifatnya pelit. Tapi, orang tua perlu mengajarkan mereka berbagi secara tulus dan tanpa paksaan.

SumberParapuan.co
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm