Benarkan mengganti pembalut saat menstruasi harus 4 jam sekali?(Twitter)
Benarkan mengganti pembalut saat menstruasi harus 4 jam sekali?(Twitter) ( KOMPAS.COM)

Ramai soal Durasi Ganti Pembalut yang Benar Saat Menstruasi, Apa Benar Setiap 4 Jam Sekali?

5 Juni 2023 18:08 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Unggahan tangkapan layar terkait dengan durasi mengganti pembalut yang harus dilakukan setiap empat jam sekali saat menstruasi ramai di media sosial.

Unggahan itu dibuat oleh akun Twitter ini pada Senin (29/5/2023).

Dalam tangkapan layar tersebut, tertulis bahwa, faktanya cuma 28 persen wanita di Indonesia yang aware (peduli) bila saat menstruasi wajib mengganti pembalut tiap empat jam sekali.

"Hah emang beneran? Selama ini gue salah? Biasanya cuman ganti pembalut 1x atau 2x sehari. Kalau kalian berapa jam sekali guys?," tulis pengunggah.

Hingga Senin (5/6/2023) siang, unggahan tersebut sudah dilihat sebanyak 2 juta kali dan mendapatkan lebih dari 1.579 komentar dari warganet.

Lantas, benarkah wanita yang sedang menstruasi harus mengganti pembalut setiap 4 jam sekali?

Penjelasan dokter

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi (Obgyn) Wawang Sukarya mengatakan bahwa mengganti pembalut saat menstruasi tergantung dengan frekuensi dan banyaknya darah haid yang keluar pada hari itu.

"Pembalut itu gunanya untuk menampung dan menyerap darah haid. Berapa kali gantinya per hari? Tergantung dari banyaknya darah haid yang keluar," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (31/5/2023).

Wawang menyampaikan, semakin banyak darah haid yang keluar, seseorang harus lebih sering mengganti pembalutnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm