Ilustrasi teh obeng, sajian es teh manis khas Batam.
Ilustrasi teh obeng, sajian es teh manis khas Batam. ( Dok. Shutterstock/tiverylucky)

Perlu Diperhatikan, Berapa Lama Es Teh Sebaiknya Disimpan?

8 Juni 2023 08:07 WIB

SonoraBangka.id -  Teh bisa dijadikan seduhan panas dan dingin, tergantung seperti apa kamu ingin menikmatinya. Bahkan, tak jarang teh dijadikan stok minuman, seperti es teh yang dibiarkan lama di kulkas untuk dikonsumsi kapan saja. Tidak salah menyimpan es teh, tetapi ada durasi penyimpanan maksimal yang penting untuk diperhatikan. Menurut Fachri, pemilik LTG by Esterakyat, kedai teh di Jakarta, baik teh panas maupun teh dingin, dua seduhan ini maksimal disimpan selama 24 jam.  "Selama teh sudah dicampur gula, itu normalnya disimpan selama 24 jam," kata Fachri saat ditemui Kompas.com di LTG by Esterakyat, Jumat (2/6/2023).

Sejarah Es Teh Manis di Dunia, Sudah Populer Sejak Abad Ke-20 Cara Buat Es Teh dengan Teknik Seduh Panas dan Dingin Lihat Foto Ilustrasi teh obeng, sajian es teh manis khas Batam. (Dok. Shutterstock/tiverylucky) Ampas teh harus segera diambil sebelum menyimpannya 24 jam. Umumnya, teh hanya direndam selama dua hingga empat menit saja.

Menyimpan es teh tanpa menyaringnya akan memengaruhi cita rasa minuman ini setelah 24 jam. "Tidak boleh masih dicampur dengan daun teh selama 24 jam, nanti rasanya pekat dan terasa lengket di tenggorokan," ujarnya. Warna es teh juga semakin pekat bila terlalu lama direndam daun teh, membuatnya kehitaman seperti kopi. Sebaiknya, saring lebih dulu teh usai diseduh, baru simpan di dalam botol minum atau gelas tertutup. Rasa teh akan sama menyegarkannya setelah disimpan 24 jam. Lebih dari itu, teh terasa lebih berair dan kurang sedap diminum, seperti disampaikan Fachri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berapa Lama Es Teh Sebaiknya Disimpan?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/06/080800375/berapa-lama-es-teh-sebaiknya-disimpan-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm