ilustrasi tipe golongan darah manusia.(iStockphoto/Photobuay)
ilustrasi tipe golongan darah manusia.(iStockphoto/Photobuay) ( KOMPAS.COM)

Mengenal Sistem Golongan dari Darah Manusia

11 Juni 2023 18:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Golongan darah adalah sistem klasifikasi yang memungkinkan penyedia layanan kesehatan untuk menentukan apakah darah Anda cocok dengan darah orang lain.

Ini biasanya diperlukan ketika melakukan donor atau transfusi darah. Petugas di bank darah menentukan golongan darah Anda berdasarkan apakah Anda memiliki antigen A atau B pada sel darah merah Anda.

Mereka juga mencari protein yang disebut faktor Rh dan mengklasifikasikan golongan darah Anda sebagai positif (+) bila Anda memiliki protein ini dan negatif (-) jika tidak.

Antibodi dan antigen

Dilansir laman NHS, darah terdiri dari sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit dalam cairan yang disebut plasma. Golongan darah Anda diidentifikasi oleh antibodi dan antigen dalam darah.

Antibodi adalah protein yang ditemukan dalam plasma yang merupakan bagian dari pertahanan alami tubuh Anda.

Mereka mengenali zat asing, seperti kuman, dan mengingatkan sistem kekebalan Anda, yang menghancurkannya.

Kemudian antigen adalah molekul protein yang ditemukan pada permukaan sel darah merah.

Untuk mengetahui golongan darah Anda, sel darah merah Anda dicampur dengan larutan antibodi yang berbeda.

Jika, larutan yang mengandung antibodi anti-B dan Anda memiliki antigen B pada sel darah, itu akan menggumpal. Artinya golongan darah Anda adalah B.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm