Autoliv bakal luncurkan airbag khusus sepeda motor pada 2025(Screenshot Youtube Autoliv)
Autoliv bakal luncurkan airbag khusus sepeda motor pada 2025(Screenshot Youtube Autoliv) ( KOMPAS.COM)

Airbag buat Sepeda Motor Siap Meluncur pada 2025

11 Juni 2023 20:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Teknologi keselamatan pada sepeda motor terus berkembang dari waktu ke waktu. Paling baru, fitur keselamatan aktif airbag yang sudah jamak pada mobil, sudah siap diterapkan buat roda dua.

Dilansir dari Ride Apart (11/6/2023), Autoliv, sebuah perusahaan Swedia yang memiliki spesialisasi dalam kantung udara, punya rencana besar untuk mengembangkan teknologi keselamatan sepeda motor.

Kabarnya, perusahaan akan meluncurkan teknologi airbag khusus motor baru pada kuartal pertama 2025.

Seperti diketahui, teknologi airbag dalam dunia sepeda motor bukanlah hal baru. Namun ide Autoliv sangat berbeda.

Rencananya akan diproduksi sistem bag-on-bike airbag pertama, yang berarti airbag akan ditempelkan pada titik tertentu pada sepeda motor.

Ini akan sangat berguna dalam skenario over-the-bar, di mana pengendara dapat mengalami cedera ekstrem saat terlempar dari motor.

Lebih lanjut, Autoliv menyatakan telah melakukan simulasi virtual yang ekstensif, dan eksperimennya telah mengungkapkan bahwa kantung udara yang dipasang di bagian depan sepeda motor juga dapat mengurangi cedera pada kepala, leher, dan dada.

Nantinya, sistem airbag akan dirancang kompak dan kompatibel dengan berbagai pilihan kendaraan roda dua.

Teknologi ini akan menggabungkan berbagai sensor tabrakan, ECU dengan algoritma yang dapat memutuskan apakah akan menggunakan airbag atau tidak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Airbag buat Sepeda Motor Siap Meluncur 2025", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/11/120100615/airbag-buat-sepeda-motor-siap-meluncur-2025.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm