lustrasi es kul-kul buah.
lustrasi es kul-kul buah. ( Dok. Shutterstock/Ekaterina Markelova)

Viral Di Tik Tok, Berikut Resep Es Kul Kul Buah Beku Celup Cokelat

12 Juni 2023 21:09 WIB

SonoraBangka.id - Video resep dan penjual es kul-kul viral di TikTok. Dari video tersebut juga tampak banyak orang mencoba berjualan es kul-kul untuk jajanan anak murah.  Es kul-kul pada dasarnya adalah potongan buah beku yang dicelupkan cokelat cair, kemudian ikut membeku.  Cara membuat es kul-kul mudah dan kamu bisa memilih jenis buah yang sesuai dengan kesukaan anak.  Harga jual es kul-kul juga bisa disesuaikan modal belanja buah dan cokelat. Simak resep es kul-kul dari Kompas.com berikut ini. 

es kul-kul

Bahan

9 buah stoberi ukuran kecil  

Daging buah melon, potong dadu jadi 9 buah

Daging buah pisang, potong jadi 9 buah 

150 gram cokelat susu batang compund (dijual di minimarket) sprinkle kue secukupnya atau sereal jagung secukupnya 

9 tusuk sate 

Cara membuat es kul-kul:

1. Bersihkan stoberi, potong dadu daging buah melon dan nanas. Tusuk tiga potong buah di tusukan sate. Boleh seragam atau kombinasi jenis buah. Bekukan di freezer sekitar satu jam. 

2. Sambil menunggu buah beku, lelehkan cokelat. Gunakan teknik double boiling, caranya rebus air di panci.  Masukkan cokelat batang yang dicacah ke mangkuk stainless dengan diameter lebih besar dari diameter panci. Taruh mangkuk di atas panci berisi air.  Aduk terus sampai cokelat batang leleh, jangan sampai ada air masuk ke mangkuk cokelat karena cokelat bisa menggumpal dan jadi gagal. 

3. Ambil sate buah beku dari freezer, celupkan ke cokelat leleh. Beri taburan sprinkle atau sereal jagung. Simpan lagi di freezer. Keluarkan sesaat ingin dimakan. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Es Kul-kul, Buah Beku Celup Cokelat ala Penjual TikTok ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/12/150800375/resep-es-kul-kul-buah-beku-celup-cokelat-ala-penjual-tiktok-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm