Keju vegan dibuat dari susu nabati dan cocok untuk vegetarian maupun vegan.
Keju vegan dibuat dari susu nabati dan cocok untuk vegetarian maupun vegan. ( Shutterstock/Mikhail Khusid)

Terbuat Dari Susu Nabati Yang Lebih Sehat, Apa Itu Keju Vegan?

13 Juni 2023 18:46 WIB

SonoraBangka.id -  Keju dikenal sebagai diary product alias produk olahan susu. Bisa dikonsumsi langsung atau dicampur dengan bahan makanan lain. Susu yang dimaksud adalah susu hewani. Susu sapi dan hewan lainnya yang umum dijadikan minuman. Namun, susu sapi bukan lagi satu-satunya bahan baku keju. Keju vegan kini mulai dikenal dan populer. Persis namanya, keju vegan dibuat dari nol persen bahan hewani. Jadi, benar-benar aman untuk vegetarian dan vegan.

Dilansir dari The Spruce Eats, keju vegan biasa disebut sebagai keju bebas susu dan keju nabati. Keju vegan dibuat dari susu nabati, seperti susu kedelai atau susu kacang lainnya. Susu nabati sering kali ditambah dengan minyak, pengemulsi, hingga pengental untuk menghasilkan keju vegan. Pengental yang biasa dipakai adalah tapioka, agar-agar, atau tepung kacang. Penambahan pengental dan pengemulsi membuat keju vegan mirip dengan keju olahan seperti keju amerika. Perbedaan keju vegan dan keju susu hewani adalah lelehannya. Keju susu biasanya akan mencair saat dipanaskan, sedangkan keju vegan melunak lebih dulu, baru meleleh. Sama halnya dengan keju susu hewani, keju vegan terasa lembut saat dimakan. Jenis keju nonhewani ini harus disimpan di tempat dingin. Maksimal, penyimpanannya bertahan 7-10 hari.

Apakah Keju Vegan Lebih Sehat ? 

Belum diketahui seberapa sehat keju vegan daripada keju hewani biasanya. Sebab, sehat tidaknya keju vegan bergantung pada jenis dan jumlah yang dikonsumsi. Dilansir dari Healthline, meski aman untuk vegan, keju ini juga tidak disarankan dijadikan konsumsi diet satu-satunya. Tingkat sehatnya keju vegan bisa dilihat dari seberapa banyak bahan olahan yang terkandung di dalamnya. Sebagian jenis keju vegan mengandung minyak olahan hingga natrium yang tidak memiliki nilai gizi substansial. Jadi, umumnya makanan jenis ini harus dikonsumsi seminimal mungkin. Meski begitu, beberapa keju vegan juga dibuat dari makanan utuh, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. Selama keju vegan dibuat dengan proses seminimal mungkin, jenis keju ini bisa mengandung  lebih banyak nilai gizi dalam bentuk serat, lemak sehat, dan mikronutrien. Hal itu menunjukkan bahwa keju vegan bisa saja dijadikan bagian dari pola makan sehat, khususnya untuk vegan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Itu Keju Vegan, Terbuat dari Susu Nabati yang Lebih Sehat?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/06/10/140200675/apa-itu-keju-vegan-terbuat-dari-susu-nabati-yang-lebih-sehat-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm