Ilustrasi
Ilustrasi ( iStock/fizkes )

Hati-hati! Modus Penipuan Terbaru, Pelaku Gunakan File Mirip Voice Note di WhatsApp

14 Juni 2023 20:34 WIB

SonoraBangka.id - Baru-baru ini beredar modus penipuan terbaru.

Modus penipuan terbaru ini masih sama-sama dengan sebelumnya, yakni menargetkan para pengguna WhatsApp.

Kali ini beredar kabar modus penipuan terbaru dengan menggunakan file mirip voice note (vn) di WhatsApp.

Keresahan akan dugaan modus penipuan terbaru ini disampaikan oleh seorang warganet yang menanyakan ihwal kebenaran modus penipuan melalui file berekstensi Android Package Kit (APK) menggunakan voice note di WhatsApp, ramai di media sosial.

Warganet itu menanyakan hal tersebut melalui akun Twitter @tanyakanrl pada Senin (5/6/2023).

"Sekarang modus penipuan bener kah seperti ini guys? aku dapat dari grup keluarga ini," demikian keterangan yang dituliskan pengunggah.

Tak lupa, dibagikan juga tangkapan layar yang memuat narasi adanya penipuan APK menggunakan voice note.

"Sekarang penipuan apk makin canggih ya. Sudah pakai voice note. Tapi itu sebenarnya bukan vn. Kalau vn tanda panahnya ke kanan, kalau ini panah ke bawah berarti kita disuruh download. Jangan sampai ketipu ya. Hati hati ya," tulis pesan dalam tangkapan layar.

Cuitannya itu pun tersebar luas dan sukses bikin banyak orang waswas.

Meski begitu, dikutip dari Kompas.com, pakar keamanan siber dan forensik digital dari Vaksincom Alfons Tanujaya mengatakan, narasi yang menyebutkan penipuan APK pakai voice note merupakan jenis misinformasi yang tidak jelas.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm