Ilustrasi fitur cruise control pada setir Mitsubishi Xpander(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Ilustrasi fitur cruise control pada setir Mitsubishi Xpander(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Ketahui Penyebab Kenapa Saat Kecepatan Tinggi Setir Mobil Menjadi Berat

14 Juni 2023 21:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Seiring berkembangnya teknologi, kendaraan menjadi lebih gampang dioperasikan karena beberapa fitur tambahan.

Sebagai contoh power steering. Mobil-mobil zaman dulu belum dilengkapi teknologi tersebut sehingga setir mobil terasa berat ketika diputar dengan kondisi mobil berhenti.

Setir baru akan menjadi lebih ringan begitu mobil mulai melaju karena ada gaya bantu dari putaran roda karena gaya gesek permukaan ban dan jalan menjadi lebih kecil.

Tapi, kalau diamati lebih detail justru mobil-mobil modern memiliki setir yang berat saat mobil melaju, terutama pada saat kecepatan tinggi.

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal mengatakan ada pengaturan sudut roda yang membuat setir mobil mudah dioperasikan dan aman yaitu terkait sudut caster.

“Semua mobil pasti pengaturannya caster positif yakni roda agak ke depan daripada pangkal sumbu penopang roda, sudut kemiringan sumbu roda terhadap garis vertikal ini disebut caster positif, tujuannya agar mudah dikendalikan dan stabil di jalan yang lurus,” ucap Zulpata dikutip dari Kompas.com, Rabu (14/6/2023).

Zulpata mengatakan secara tidak langsung, setir mobil menjadi lebih berat saat mobil melaju lurus dengan kecepatan tinggi. Hal itu disebabkan arah roda melaju akan cenderung mengikuti arah rotasinya. Teori dasar ini cukup efektif sehingga sampai saat ini masih diterapkan pada mobil-mobil modern.

Ditambah beberapa fitur seperti elektrik power steering (EPS) atau hidrolik power steering pada teknologi sebelumnya membuat mobil lebih mudah dioperasikan.

Bahkan, agar menunjang keselamatan pengendara pada teknologi power steering dilengkapi sistem khusus agar fungsi sudut caster tidak terganggu pada saat bekerja di trek lurus.

Juni Siswanto, Technical Leader Auto2000 Ahmad Yani menjelaskan, ada pembatasan kinerja power steering sehingga saat mobil melaju kencang di trek lurus tetap stabil dan terkesan membuat setir mobil menjadi lebih berat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm