Pemprov Babel Percepat Hilirisasi Timah Batangan, Dengan Rakor Pengembangan Hilirisasi Industri Timah.
Pemprov Babel Percepat Hilirisasi Timah Batangan, Dengan Rakor Pengembangan Hilirisasi Industri Timah. ( Disperindag Babel)

Pemprov Babel Percepat Hilirisasi Timah Batangan, Dengan Rakor Pengembangan Hilirisasi Industri Timah

15 Juni 2023 15:31 WIB

SONORABANGKA.ID - Dalam rangka mendorong percepatan pelaksanaan hilirisasi industri timah batangan guna meningkatkan nilai tambah industri timah, yang didukung dengan kesiapan regulasi dan teknologi.

Pemerintan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung mengelar Rapat Koordinasi Pengembangan Hilirisasi Industri Timah.

Mengudang seluruh stakeholder dan pengusaha yang membidangi pertimahan, acara tersebut di buka langsung oleh Plh. Sekda Provinsi Kepulauan Babel Sunardi, Kamis (15/6/2023) di Ruang Pasir Padi, Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam arahanya mengatakan, bahwa proses industri timah batangan sudah on the track namun masih perlu ditingkatkan menjadi produk hilirisasi industri timah lainnya seperti tin plate, tin chemical, tin bar, tin shote, tin sheet dan lain sebagainya.

Dengan seperti itu, tentunya akan memberikan manfaat yang besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Bangka Belitung dan secara ekonomi, hilirisasi timah batangan  akan meningkat tiga kali sampai empat kali lipat dan secara bisnis ini tentunya akan sangat menguntungkan.

Lebih jauh Ia mengatakan, bahwa hilirisasi timah batangan merupakan hal penting yang harus dilakukan.

Kenapa menjadi penting, karena menurutnya hilirisasi merupakan suatu ekosistem industri yang mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi, peningkatan nilai investasi, pemerataan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, hilirisasi akan menyerap tenaga kerja serta peningkatan pendapatan asli daerah dan juga percepatan pelaksanaan hilirisasi merupakan perwujudan pemulihan ekonomi pasca covid 19 dan mampu mempercepat kinerja pemerintah dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Oleh sebab itu, dalam Rakor ini dirinya sangat mengharapkan,  semua perusahaan industri wajib komitmen bersama-sama untuk membangun dan mengembangkan hilirnya industri timah batangan dengan berbagai bentuk jenis produk lainnya sesuai dengan kebutuhan pasar industri.

Selan itu, dia berharap juga kolaborasi seluruh stakeholder, terkhusus melalui Kementerian Perindustrian Republik Indonesia agar mendorong percepatan fasilitasi teknologi dan insentif terhadap teknologi yang digunakan untuk hilirisasi dan penciptaan industri manufaktur atau pabrikasi berbasis bahan baku timah batangan, peningkatan penggunaan timah batangan melalui Tingkat Komponen Dalam Negeri serta menjembatani hambatan hilirisasi industri timah batangan.

“Melalui Bank Indonesia, kami berharap perusahaan industri didukung oleh kebijakan kemudahan pembiayaan dan perpajakan pembangunan industri dengan teknologi tinggi dan berbunga ringan,” katanya.

Dalam upaya menambah wawasan bagi para peserta Rakor, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung menghadirkan beberapa narasumber, yang mana di moderatori oleh Yan Megawandi selaku Widyaiswara Utama dari BKPSDM Babel dan narasumber tersebut diantaranya Antonius Fernando dari Direktur Jenderal Industri Logam Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindusrian Republik Indonesia, dengan paparan mengenai Strategi dan Dukungan Kebijakan Percepatan Hilirisasi Industri Timah Batangan (Tin Ingot) menuju Industri Strategis.

Selain itu. Hastomo Ardy dari Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tentang Dukungan kebijakan moneter dalam mendukung hilirisasi industri timah batangan dan Jetrinaldi dari Direktur Utama PT. Pelat Timah Nusantara Tbk yang mana paparanya tentang Tantangan dan Peluang hilirisasi Industri timah, sementara Supianto memaparkan mengenai Dukungan percepatan Hilirisasi Industri dari Disperindag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

PenulisZulhaidir
EditorZulhaidir
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm