894 Santri TPQ Diwisuda Kemenag Pangkalpinang
894 Santri TPQ Diwisuda Kemenag Pangkalpinang ( Kemenag Pangkalpinang)

894 Santri TPQ Diwisuda Kemenag Pangkalpinang

15 Juni 2023 15:54 WIB

SONORABANGKA.ID - Sebanyak 894 santri dari 67 Lembaga Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) yang telah dinyatakan lulus dalam munaqosah, mengikuti wisuda yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang di Bangka City Hotel pada Kamis, 15 Juni 2023.

Rangkaian acara wisuda digelar mulai pukul 08.00. WIB tersebut, dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam, Drs. H. Nasution, M.Pd.I., Walikota Pangkalpinang yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. Ahmad Subekti, M.S.I., dan Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, H. Firmantasi, S.Ag., M.H., beserta segenap unsur Forkopimda lainnya.

Membacakan laporan pelaksanaan kegiatan, Ketua Panitia, Ustadz M. Rasyidin menyampaikan bahwa wisuda ini merupakan akhir dari rangkaian kegiatan belajar santri di TPQ selama 3 tahun ini.

"Para santri yang mengikuti wisuda ini, telah mengikuti rangkaian munaqosah dari tanggal 15 - 16 Februari 2023 lalu, dan dinyatakan lulus dengan nilai dan hasil maksimal. Adapun jumlah wisudawan/wisudawati sebanyak 894 santri dari 67 lembaga TPQ," paparnya.

Beliau pun memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah memberikan supportnya sehingga pelaksanaan wisuda tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sukses, terutama kepada ustadz/ustadzah dan wali santri yang telah berjuang segenap jiwa raganya untuk masa depan gemilang buah hatinya, menjadi pribadi yang berakhlak mulia Al Qur'an.

Dalam sambutannya dihadapan para santri dan orangtuanya, serta Ustadz/Ustadzah TPQ, H. Firmantasi menegaskan bahwa Kementerian Agama terus berupaya untuk merealisasikan visi nya dalam membangun masyarakat yang saleh, moderat, cerdas dan unggul untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berdasarkan gotong royong.

"Visi tersebut dimanifestasikan dalam pelaksanaan misi, salah satunya meningkatkan kualitas kesalehan umat beragama, yang ditandai dengan tersebarnya TPQ, sebagai salah satu lembaga pembentuk generasi sholeh di seluruh wilayah Kota Pangkalpinang," jelasnya.

Selain TPQ, lanjutnya, Kemenag juga membawahi beberapa lembaga pendidikan keagamaan Islam lainnya, antara lain; Taman Tahfidz Qur'an, Ta'lamul Qur'an dan PAUD Qur'an.

"Hal ini merupakan bentuk ikhtiar Kemenag dalam membangun pendidikan keagamaan Islam, sesuai dengan amanat PMA Nomor 13 Tahun 2014," paparnya.

Beliau pun sempat menghaturkan ungkapan terima kasih kepada para wali santri dan ustadz-ustadzah TPQ yang telah ikut berjuang dalam mencerdaskan anak-anak di Kota Pangkalpinang ini dan menjadikan mereka tidak hanya berprestasi untuk kehidupan duniawi saja, namun juga gemilang dalam kehidupan ukhrawinya.

PenulisZulhaidir
EditorZulhaidir
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm