Ilustrasi sapi kurban
Ilustrasi sapi kurban ( KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO )

Jelang Idul Adha 2023 Pasokan Hewan Kurban di Sejumlah Daerah di Babel Masih Kekurangan

16 Juni 2023 08:17 WIB

SonoraBangka.id - Tidak terasa, Hari Raya Idul Adha 2023 atau  1444 H atau hari raya kurban tinggal hitungan hari lagi.

Lapak-lapak jualan hewan kurban mulai bermunculan.

Terdata pasokan hewan kurban di sejumlah daerah di Bangka Belitung masih ada yang kekurangan.

 

Namun ada juga daerah yang terdata kelebihan atau surplus seperti di Bangka Tengah dan Pangkalpinang.

Tetapi secara keseluruhan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan stok hewan kurban mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melaksanakan ibadah kurban pada Hari Raya Idul Adha 2023. 

"Saat ini stok hewan kurban di pedagang pengumpul mencapai 10.820 ekor dan cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat," kata Pengawas Bibit Ternak Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Septian di Pangkalpinang, Jum'at.

Ilustrasi sapi kurban
Ilustrasi Foto Hewan Kurban di Peternak Parit Lalang, Pangkalpinang. (Bangkapos.com/Sela Agustika)

Ia mengatakan sebanyak 10.820 ekor hewan kurban tersebut terdiri dari 5.756 ekor sapi dan 5.064 ekor kambing tersebar di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur.

"Diperkirakan stok hewan kurban ini akan terus bertambah, karena dalam seminggu sekali para pedagang hewan ternak ini selalu menambah pasokan dari Pulau Sumatera dan Jawa," ujarnya.

Ia menyatakan  berdasarkan kebutuhan sapi  kurban di Bangka Belitung sebanyak 5.221 ekor dan kambing 8.250 ekor. 

"Berdasarkan data Juni per 2023 ini untuk sapi neracanya sudah surplus 535 ekor, sedangkan untuk kambing masih kekurangan 3.186 ekor, neraca ini bisa dihitung dari ketersediaan dikurang dari kebutuhan," katanya. 

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm