Ilustrasi menjaga kesehatan mental.
Ilustrasi menjaga kesehatan mental. ( benzoix/ Freepik)

Yuk Ciptakan Kebahagiaan Untuk Menjaga Kesehatan Mental dan Fisik

17 Juni 2023 18:54 WIB

SonoraBangka.id - Di jaman sekarang ini, kita harus tahu bagaimana cara menjaga kesehatan mental dan fisik diri sendiri.

Pasalnya, di hidup yang serba cepat ini, cara menjaga kesehatan mental dan fisik diri sangat diperlukan oleh setiap individu.

Cara menjaga kesehatan mental dan fisik salah satunya bisa dilakukan dengan menciptakan kebahagiaan.

David Heber, Chairman of the Herbalife Institute and Herbalife Advisory Board Member mengungkapkan, kebahagiaan adalah keadaan kesejahteraan fisik, mental, dan emosional. Hal ini dapat dicapai dengan meningkatkan kesehatan fisik serta mengoptimalkan kesehatan emosional dan mental.

“Mengikuti gaya hidup sehat dengan pola makan seimbang dan aktivitas fisik dapat menghasilkan penurunan denyut jantung, tekanan darah, dan kecemasan, yang semuanya dapat terkait dengan kebahagiaan. Selain itu, kebahagiaan terkait dengan pelepasan endorfin, serotonin, dopamine, dan neurotransmitter lain yang terkait dengan kesehatan otak,” kata David.

Menurut survei Ipsos, orang-orang paling menganggap kesehatan dan kesejahteraan mereka baik fisik maupun mental, keluarga, pasangan/suami-istri dan anak-anak, serta memiliki tujuan hidup sebagai hal yang memberi mereka "kebahagiaan terbesar".

Kemudian datang kondisi tempat tinggal mereka, merasa aman dan dalam kendali, berada di alam, memiliki pekerjaan yang bermakna, dan memiliki keamanan finansial yang lebih baik.

Psikologi positif, bidang yang mempelajari optimasi kesehatan emosional dan mental serta kebahagiaan, telah menemukan bahwa orang yang memiliki tujuan hidup cenderung lebih bahagia.

Berikut ini beberapa tips proaktif yang dapat membantu dalam perjalanan menciptakan kebahagiaan sendiri, dan mencapai kesehatan secara keseluruhan yang lebih baik dalam jangka panjang.

1. Pola Makan yang Sehat

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm