Mesin motor konvensional hasil konversi motor listrik rencananya bakal di-scrap, lalu dilebur untuk dijadikan bahan baku komponen converter kit.(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Mesin motor konvensional hasil konversi motor listrik rencananya bakal di-scrap, lalu dilebur untuk dijadikan bahan baku komponen converter kit.(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

ESDM Berikan Pelatihan Teknis Konversi Motor Listrik

19 Juni 2023 21:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan pelatihan Teknis Konversi Sepeda Motor BBM Menjadi Sepeda Motor Listrik.

Berlangsung pada 15-19 Juni 2023, pelatihan ini bertujuan untuk mengakselerasi pengembangan ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Indonesia.

Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi A. Susetyo Edi Prabowo, mengatakan, bahwa konversi motor listrik merupakan langkah nyata pemerintah dalam memenuhi target mengurangi emisi hingga nol karbon atau Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

"Program konversi sepeda motor BBM ke sepeda listrik berbasis baterai ini bertujuan mengurangi emisi karbon sekaligus meningkatkan ketahanan energi nasional,” ujar Susetyo, dalam keterangan tertulis (18/6/2023).

“Hal ini karena dapat mengurangi ketergantungan kita ke impor BBM. Pemerintah terus mendorong akselerasi pengembangan ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Tanah Air. Salah satu langkah yang ditempuh adalah melalui program pelatihan bagi masyarakat," kata dia.

Menurutnya, pelatihan ini bertujuan untuk mendukung pemberian Bantuan Pemerintah Program Konversi Sepeda Motor Listrik.

Selain itu, juga menghasilkan tenaga teknik yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam kegiatan konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik.

"Program ini diselenggarakan untuk terus mendorong tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, kegiatan pelatihan ini diikuti 20 orang peserta yang berasal dari UMKM bengkel sepeda motor serta SMK dari daerah sekitar Provinsi Bali," ucap Susetyo.

Dalam pelatihan ini, para peserta pelatihan mendapatkan 50 jam pelajaran yang berisikan sejumlah materi yang terkait dengan pelaksanaan konversi sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik.

Materi yang diberikan antara lain regulasi kendaraan bermotor berbasis baterai dan petunjuk teknis dan regulasi dari Kementerian Perhubungan terkait konversi sepeda motor listrik berbasis baterai.

Selain itu, materi lain yang diberikan adalah pengecekan legalitas dokumen dan penggunaan komponen pascakonversi, pengenalan komponen sepeda motor listrik, dan pemasangan peralatan sepeda motor listrik serta praktik konversi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "ESDM Berikan Pelatihan Konversi Motor Listrik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/19/120200815/esdm-berikan-pelatihan-konversi-motor-listrik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm