Sisi dalam drive belt terdapat alur yang bersinggunan dengan puli-puli di mesin(Kompas.com/Erwin Setiawan)
Sisi dalam drive belt terdapat alur yang bersinggunan dengan puli-puli di mesin(Kompas.com/Erwin Setiawan) ( KOMPAS.COM)

Waktu Ideal Untuk Ganti Drive Belt Mobil

19 Juni 2023 21:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Drive belt merupakan sabuk dari bahan dasar karet yang bertugas memutar beberapa puli komponen pendukung di mesin seperti dinamo ampere, kompresor, pompa air dan lainnya.

Komponen ini juga kerap disebut dengan kata fan belt karena pada mobil-mobil zaman dulu digunakan untuk memutar kipas radiator. Sedangkan mobil-mobil modern sudah menggunakan motor sebagai penggerak kipasnya.

Berhubung komponen ini berfungsi memutar beberapa puli komponen penting, drive belt wajib diganti secara rutin untuk menghindari hal-hal yang merugikan.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, drive belt bisa aus dan putus seiring usia pemakaian, maka harus diganti kalau sudah waktunya.

“Untuk masa pemakaiannya tergantung, biasanya awet hanya harus diperiksa berkala saja, bisa 100.000 kilometer. Jika sudah aus, bisa dilihat dari fisiknya, yakni getas dan ada retak-retak pada bagiannya," ucap Didi beberapa waktu lalu.

Didi mengatakan drive belt yang sudah aus akan menimbulkan bunyi berdecit saat mesin dihidupkan karena terjadi selip.

Dampak lebih buruknya, ketika drive belt putus akan menyebabkan beberapa kerugian di jalan. Seperti mesin overheat, aki tekor, AC tidak dingin dan lainnya.

Mekanik Aha Motor Yogyakarta Yanto mengatakan penggantian drive belt bisa merujuk pada rekomendasi pabrikan.

“Setiap 40.000 Km sebaiknya diganti, meski kondisinya masih bisa dipakai, jangan sampai menunda-nunda sehingga risiko putus di jalan menjadi lebih tinggi,” ucap Yanto kepada Kompas.com, Senin (19/6/2023).

Yanto mengatakan selain mengikuti prediksi waktu penggantian drive belt yang ideal, pengguna mobil juga bisa memeriksa kondisi fisiknya.

Bila kondisi drive belt sudah retak-retak, atau kusut sebaiknya segera diganti tanpa harus menunggu mobil menempuh jarak 40.000 Km.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Waktu Ideal Ganti Drive Belt Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/19/141200515/waktu-ideal-ganti-drive-belt-mobil.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm