Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat ramai dikunjungi pembeli menuju Idul Fitri 1444 Hijriah, Sabtu (8/4/2023).
Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat ramai dikunjungi pembeli menuju Idul Fitri 1444 Hijriah, Sabtu (8/4/2023). ( KOMPAS.COM/ZINTAN PRIHATINI)

Sudah Ada Sejak Ratusan Tahun Lalu, Ini Sejarah Beli Baju Baru Jelang Lebaran

20 Juni 2023 08:52 WIB

SonoraBangka.id - Biasanya, menjelang lebaran khususnya Idul Fitri, masyarakat Muslim Indonesia akan berbondong-bondong ke pasar untuk membeli baju baru.

Baju baru tersebut nantinya akan digunakan saat hari lebaran tiba.

Tradisi membeli baju baru jelang lebaran ternyata sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan masih lestari hingga saat ini.

Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia Agus Aris Munandar menjelaskan, pakaian yang dipakai saat lebaran, khususnya Idul Fitri merupakan sebuah simbol kesucian.

"Awalnya harus memakai baju, sarung, atau mukena bersih pada waktu shalat Idul Fitri. Itu simbol umat Islam yang kembali fitri setelah berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan," jelasnya kepada Kompas.com, Senin (10/4/2023).

Menurut Agus, pakaian bersih yang dipakai umat Islam saat lebaran merupakan tanda dari manusia yang suci atau bersih dari dosa setelah sebulan puasa Ramadhan.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan bahwa orang tua biasa membelikan pakaian baru untuk anak-anak kecil karena mereka akan diajak shalat Id atau juga berkunjung ke rumah saudara.

"Kalau untuk orang dewasa sih pakaian baru itu cuma simbol, yang penting niat baru untuk melaksanakan agama Islam secara baik," lanjutnya.

Sejarah Baju Baru Jelang Lebaran 

Dilansir dari KOMPASTV, tradisi membeli baju baru menjelang lebaran resmi tercatat muncul sejak abad ke-16, sebelum Tanah Air bernama Indonesia.

SumberBangka.tribunnews.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm