Asus ExpertBook P1412.
Asus ExpertBook P1412. ( ASUS)

Laptop Pertama Asus Produksi Indonesia Dirakit di Batam

20 Juni 2023 09:01 WIB

SonoraBangka.ID - Asus Indonesia bersiap memamerkan proses perakitan laptop yang pertama kali diproduksi secara lokal di Indonesia.

Pada tahap awal, model laptop yang diproduksi di Indonesia yaitu Asus ExpertBook P1 (P1412). Perangkat ini dirakit oleh mitra produksi Asus, PT. Sat Nusapersada.

Hari ini, Senin (19/6/2023), Asus mengajak sejumlah media termasuk untuk bertandang ke manufaktur Sat Nusapersada di Batam, Kepulauan Riau.

Menurut Head of Public Relations Asus Indonesia, Muhammad Firman, produksi laptop Asus di Indonesia ditempuh guna memenuhi aturan Kementerian Perindustrian, terkait Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) perangkat laptop.

Sejak tahun 2022, Kemenperin menetapkan TKDN laptop di atas 25 persen, khususnya untuk program pengadaan barang dan jasa.

"Minimal (TKDN) 25 persen untuk laptop. Asus ngincer itu (program pengadaan) karena TKDN wajib untuk tender pemerintah. Kalau swasta, masih bebas," kata Firman kepada, di bandara Soekarno Hatta, Tangerang ketika hendak menuju ke Batam.

Laptop ExpertBook P1 sendiri sudah selesai diproduksi tahap pertama dan dipasarkan pada Maret lalu. Ke depannya, Firman berkata bahwa Asus juga bakal memproduksi model lain melalui mitra produksi yang sama.

Adapun sebelumnya, aneka laptop Asus yang dipasarkan di Indonesia merupakan perangkat yang diproduksi di China serta Taiwan dan diekspor ke Indonesia.

Spesifikasi Asus ExpertBook P1412

Asus ExpertBook P1412 telah dikembangkan Asus sejak kuartal IV-2022, dan mulai didistribusikan di Indonesia pada awal 2023.

Asus ExpertBook P1412 adalah laptop basic untuk segmen bisnis (B2B), yang mengandalkan performa bertenaga serta visual yang immersif. Laptop ini dilengkapi layar 14 inci NanoEdge dengan sudut pandang hingga 178 derajat, lengkap dengan lapisan matte anti-glare.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm