Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar ( DOKUMENTASI OJK)

Bos OJK: "Badai" Ekonomi Mulai Mereda, tapi Belum Berlalu

21 Juni 2023 09:18 WIB

SonoraBangka.ID - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan, kondisi perekonomian yang tercermin dari sektor keuangan di Indonesia terus mengalami perbaikan dibandingkan pada kuartal I-2023.

Meskipun demikian, Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar mengatakan, Indonesia masih perlu waspada terhadap risiko dan tantangan yang berasal dari pengaruh ekonomi global.

"Dalam satu kalimat, bisa dikatakan, walaupun badai mereda, tapi sama sekali belum berlalu," ujar dia dalam acara Infobank Executive Lecture and 20th Infobank-MRI Banking Service Excellent 2023, Selasa (20/6/2023).

Ia menerangkan, tekanan inflasi global memang mulai mereda tetapi tetap berada pada tingkat yang lebih tinggi. Secara historis, tren inflasi yang terjadi merupakan yang paling tinggi dalam 35-40 tahun terakhir.

"Kita tidak pernah membayangkan negara di Eropa Barat bisa mengalami inflasi double digit, tapi sekarang barangkali itu menjadi berita yang rutin. Walaupun reda, tetap dalam kondisi yang tinggi," imbuh dia.

Inflasi yang tinggi masih menjadi salah satu katalis yang membuat bank sentral di setiap negara terus mengerek suku bunga acuannya. Hal tersebut secara langsung akan memengaruhi kondisi likuiditas global. Tak terkecuali, dampak tersebut juga dapat merembet ke Indonesia.

Lebih lanjut, Mahendra mengungkapkan pengetatan yang luar biasa ditambah dengan tingkat pengangguran yang tinggi dan terus meningkat dapat menyebabkan risiko resesi dan stagflasi di negara maju semakin besar. Jika dampaknya belum terasa tahun ini, Mahendra bilang bukan tak mungkin hal itu terjadi pada tahun depan.

Hal tersebut belum lagi masih ditambah dengan persaingan geopolitik yang belum kunjung reda. Mahendra menyebut, banyak pakar telah meramalkan, dampak dari persaingan geopolitik ini bisa membutuhkan waktu pemulihan hingga satu dasawarsa, mengingat kondisinya yang terlampau berat.

Di tengah semua situasi tersebut, Mahendra menyebut pertumbuhan ekonomi nasional masih terjaga baik. Itu terutama ditopang neraca perdagangan yang masih menunjukkan surplus. Pendorong ekonomi yang semula ditopang oleh ekspor diprediksi akan bergerak ke peningkatan kinerja konsumsi domestik.

"Plus harapannya tentu investasi," kata dia.

Terkait dengan investasi di tahun politik, Mahendra menyampaikan Indonesia perlu melihat momentum ini sebagai pijakan pertumbuhan ekonomi. Pasalnya, Indonesia telah lima kali menjalankan pemilihan umum.

"Indonesia secara efektif menjadi negara demokrasi presidensial terbesar di dunia. Bahkan lebih besar dari AS. Meskipun (AS) lebih besar dari kita, tapi kita selalu berada di atas 80 persen dari persentasi jumlah pemilih, jadi lebih besar," tandas dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bos OJK: "Badai" Ekonomi Mulai Mereda, tapi Belum Berlalu ", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/06/21/060000526/bos-ojk--badai-ekonomi-mulai-mereda-tapi-belum-berlalu-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm