Ilustrasi pesawat tempur. Pesawat tempur F-16 Fighting Falcon TNI Angkatan Udara unjuk kebolehan dengan memperlihatkan peragaan air combat manuver (ACM) atau manuver pertempuran udara bersama jet F-15C United States Pacific Air Force (US PACAF).
Ilustrasi pesawat tempur. Pesawat tempur F-16 Fighting Falcon TNI Angkatan Udara unjuk kebolehan dengan memperlihatkan peragaan air combat manuver (ACM) atau manuver pertempuran udara bersama jet F-15C United States Pacific Air Force (US PACAF). ( KOMPAS.com)

Usai Beli Mirage dan Radar Canggih, Indonesia Berpeluang Borong Mesin Jet F-15 Jepang

21 Juni 2023 09:26 WIB

SonoraBangka.ID - Indonesia berpeluang memborong mesin jet tempur F-15 bekas. Peluang tersebut datang dari Jepang.

Pasalnya, Negeri Matahari Terbit tengah mempertimbangkan melepas mesin F-15J kepada Indonesia agar bisa dipasang di jet tempur F-16 yang dioperasikan TNI Angkatan Udara.

Kedua pesawat kombatan asal Amerika Serikat ini disebut memiliki kesamaan, sehingga Jepang ingin melepas mesin Pratt & Whitney F100 kepada Indonesia.

Pertimbangan Tokyo ingin melepas mesin tersebut karena F-15J mereka belum menjalani program modernisasi, sebagaimana pemberitaan Kompas.com, Senin (19/6/2023).

Untuk merealisasikan rencana ini, Jepang juga tengah mempertimbangkan untuk merevisi kebijakan terkait ekspor peralatan dan senjata mematikan, termasuk pesawat tempur.

Dikutip dari laman gagadget.com, Angkatan Udara Bela Diri Jepang memiliki 200 jet tempur F-15.

Saat ini, separuh dari jumlah F-15 yang dimiliki Jepang belum juga menjalani program upgrade Multi-Stage Improvement Program (MISIP).

Nantinya, F-15 tersebut akan dipensiunkan dan digantikan oleh pesawat generasi kelima, F-35A Lightning II yang juga sama-sama produksi Amerika Serikat.

Dambaan

Indonesia sebetulnya sudah lama mendambakan F-15EX guna menambah kekuatan pertahanan udaranya.

Ketertarikan Indonesia terhadap F-15EX berbarengan ketika Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membidik pembelian Rafale, jet tempur produksi Dassault Aviation asal Perancis.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm