Mobil BMW M2 Competition terlihat saat pameran IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Selasa (20/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Mobil BMW M2 Competition terlihat saat pameran IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Selasa (20/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG) ( KOMPAS.COM)

BMW Mau Meninggalkan Transmisi Manual, Ini Alasannya

21 Juni 2023 21:03 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pabrikan kendaraan bermotor asal Jerman, BMW berencana meninggalkan transmisi manual pada jajaran produknya di masa mendatang.

Mengutip Autocar, Selasa (20/6/2023), M2 lansiran 2022 akan menjadi satu-satunya mobil BMW yang mengadopsi teknologi tersebut. Sementara kendaraan penumpang lain, semuanya menggunakan transmisi otomatis.

BMW M Head of Development, Dirk Hacker menjelaskan bahwa keputusan ini terpaksa diambil karena adanya kelangkaan suplai. Kemudian didukung pula dengan tren pengguna mobil BMW.

"Ini bukan hanya keputusan BMW, tetapi juga karena kelangkaan suplai. Jika dilihat ke depannya, pasokan untuk girboks transmisi manual akan berkurang karena memang tidak ada lagi yang memproduksi," kata Dirk.

Ia pun menepis terkait ide transmisi manual bisa dipertahankan dengan cara disematkan di mobil listrik.

Sebaliknya, ide tersebut justru bakal diadopsi oleh Toyota untuk mobil listrik sporty terbarunya. Diduga upaya ini dilakukan perseroan untuk memberikan ragam pilihan transmisi pada produknya.

“Kopling ganda dalam pandangan kami juga sudah sangat usang. Ke depan, torque converter akan memberikan performa lebih baik dibanding kopling ganda,” jelas Dirk.

Dirk menjelaskan, BMW telah merasakan manfaat positif atas penggunaan torque converter. Menurutnya, teknologi tersebut telah digunakan pada mobil BMW M4 CSL dan BMW M4 GTR.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BMW Mau Tinggalkan Transmisi Manual, Ini Alasannya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/21/112200915/bmw-mau-tinggalkan-transmisi-manual-ini-alasannya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm