Aprilia RS-GP untuk musim 2023(Dok. MotoGP)
Aprilia RS-GP untuk musim 2023(Dok. MotoGP) ( KOMPAS.COM)

Mengenal Seluk-beluk Bensin Pada Motor Balap MotoGP

21 Juni 2023 21:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sebagai ajang balap sepeda motor paling bergengsi MotoGP tetap menggunakan bahan bakar. Sebab, secanggih apa pun motor dan pebalap, tak akan menang tanpa bensin yang berkualitas.

Motor MotoGP menggunakan bensin tanpa timbal dengan spesifikasi RON 95 hingga RON 102. Spesifikasi tersebut pada dasarnya setara dengan bensin oktan 87 Pump Octane Number yang digunakan di Amerika Utara.

Dilansir dari onestopracing.com setiap tim bebas memilih pemasok bahan bakar sendiri asalkan sesuai dengan spesifikasi FIM. Contohnya Honda memakai Repsol, Aprilia dari Castrol, dan Ducati menggunakan Shell.

Karena berbeda-beda, tiap bahan bakar diuji oleh direktur teknik beberapa hari sebelum balapan dimulai. Tiap pemasok bahan bakar wajib menyediakan sampel 10 liter bensin yang akan dipakai beberapa hari sebelum tiap balapan.

Menurut Peraturan Bahan Bakar FIM yang diterbitkan pada 19 Mei 2022, setiap pemasok bahan bakar harus lulus uji spesifikasi yang ditetapkan oleh FIM untuk format balap motor tertentu termasuk MotoGP.

Kalau spesifikasi bahan bakar sesuai dengan peraturan, FIM akan menerbitkan sertifikat dengan nomor batch dan laporan pengujian. Tiap pemasok kemudian memberikan salinan sertifikat ini kepada tim sebelum balapan.

Tak berhenti di situ, FIM memutuskan mulai musim 2024 bahan bakar yang dipakai di MotoGP minimal 40 persen harus berasal dari sumber non fosil, dan mulai 2027 bahan bakar mesti 100 persen berasal dari non fosil.

Aturan lain

Regulator tekanan bahan bakar saat isi bensin maksimal 10 bar dengan laju aliran 50 liter per jam. Regulator diuji, disegel, dan disertifikasi sebelum dipasang. FIM dapat meminta agar pengatur bahan bakar dilepas dan diperiksa kapan saja.

Pengisian bahan bakar cuma diperbolehkan di pitlane sebelum balapan dimulai dan jika bahan bakar sudah diperiksa. Tim tidak boleh menambah atau mengurangi takaran bensin selama balapan kecuali saat balapan start ulang.

Bahan bakar di dalam tangki motor tidak boleh lebih dari 15°C di bawah suhu sekitar yang diperiksa oleh pengawas teknis. Suhu sekitar dinyatakan oleh petugas yang berwenang 75 menit sebelum pertandingan dimulai.

Untuk keselamatan pebalap, tutup tangki harus anti bocor dan setang harus memungkinkan celah minimal 30 mm saat dibelokkan. Tujuannya agar tangan pebalap tidak terjepit di antara setang dan tangki saat terjadi kecelakaan.

Tiap motor MotoGP hanya diperbolehkan maksimal diisi 22 liter bensin atau sekitar 5,8 galon. Karena itu, pebalap mesti pintar menjaga bahan bakar. Sebab, kasus bensin habis di akhir balapan pernah terjadi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengenal Seluk-beluk Bensin Motor Balap MotoGP", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/21/134100515/mengenal-seluk-beluk-bensin-motor-balap-motogp.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm