Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menhub Budi Karya dan pejabat China usai menjajal Kereta Cepat Jakarta Bandung, di Stasiun Halim, Kamis (22/6/2023).
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menhub Budi Karya dan pejabat China usai menjajal Kereta Cepat Jakarta Bandung, di Stasiun Halim, Kamis (22/6/2023). ( KOMPAS.com)

Luhut Tegaskan Rencana Impor KRL Bekas dari Jepang Batal

22 Juni 2023 17:34 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan rencana impor KRL bekas dari Jepang batal dilakukan.

Keputusan ini dicetuskan setelah Luhut melakukan rapat dengan para pemangku kepentingan terkait impor KRL bekas dari Jepang.

"Tidak ada impor (KRL bekas dari Jepang)," tegasnya kepada wartawan saat ditemui di Stasiun Halim, Jakarta, Kamis (22/6/2023).

Luhut menjelaskan, impor KRL bekas yang rencananya akan dilakukan oleh PT KCI Commuter (KCI) ini jika tetap dilakukan maka akan melanggar aturan dari tiga instansi berbeda.

"Kami sudah merapatkan mengenai krl, kita tidak akan mengimpor barang bekas karena itu melanggar aturan 1. Perpres, 2. (Kementerian) Perindustrian, 3. Kementerian Perhubungan," jelasnya.

Luhut memastikan, armada KRL saat ini masih dapat mencukupi kebutuhan masyarakat meski tanpa impor KRL bekas. Pasalnya, pihaknya telah memperhitungkan kebutuhan dengan jumlah armada KRL saat ini dengan matang.

Seperti diketahui, tahun ini sebanyak 10 rangkaian KRL akan dipensiunkan. Hal ini menyebabkan beberapa waktu belakangan banyak penumpang yang mengeluhkan kurangnya armada KRL sehingga mereka harus lebih berdesakkan saat naik KRL Jabodetabek.

"Gak ada masalah, sudah kita hitung semua, kita excercise pada jago-jagonya di sana yang ahlinya dan mereka memaparkan kemarin semua kendala-kendala bisa diselesaikan," kata Luhut.

Melalui perhitungan itu pula, pemerintah dan para ahli sudah menyiapkan jalan keluar agar KCI tetap dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Salah satu solusinya ialah melalui impor 3 rangkaian KRL baru dari Jepang. Namun, solusi ini membutuhkan waktu cukup lama untuk direalisasikan.

"Tapi kita akan mengimpor 3 saja yang baru untuk menutupi tapi itu butuh waktu 1-2 tahun. Jadi kritisnya itu ada di tahun depan sampai 2025," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Luhut Tegaskan Rencana Impor KRL Bekas dari Jepang Batal", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/06/22/164019926/luhut-tegaskan-rencana-impor-krl-bekas-dari-jepang-batal.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm