Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock/Natali _ Mis )

Benarkah Puasa Bisa Tingkatkan Kesuburan dan Peluang Hamil?

24 Juni 2023 07:37 WIB

SonoraBangka.id - Apakah saat ini kamu sedang menjalani program hamil (promil)? 

Kalau iya, bulan puasa Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk menjalani promil. 

Pasalnya, menurut dokter obgyn, dr. William T. Wahono, Sp.OG, puasa dapat meningkat peluang kehamilan, terutama bagi yang menderita PCOS.

"Kalau perempuan ada gangguan kesuburan akibat PCOS, justru dengan puasa bisa meningkatkan peluang kehamilan karena puasa ramadan adalah salah satu bentuk dari intermittent fasting," ujar William dalam live Instagram NOVA besama Bocah Indonesia, Senin (28/03) sore.

William mengatakan, banyak penelitian yang menyebut bahwa intermittent fasting dapat menurunkan resistensi insulin, yang bisa meningkatkan pembentukan sel telur.

"Kalau kasus PCOS, bisa terjadi kehamilan secara alami. Pada pasien PCOS yang menurunkan berat badan, 90 persen lebih akan siklus normal, 56 sampai 58 persen akan terjadi kehamilan secara alami," tambah William.

Meski begitu, agar kesuburan meningkat saat puasa, William mengatakan, puasa harus dijalankan dengan benar.

Artinya, kita tidak boleh melewati sahur dan tetap memenuhi asupan nutrisi saat berbuka maupun sahur.

"(Promil saat puasa) cukup aman kalau puasanya enggak kebablasan, nutrisi tetap diperhatikan, jangan enggak sahur," jelasnya.

Sebaliknya, jika kita tidak memperhatikan asupan nutrisi saat puasa, hormon-hormon reproduksi bisa terganggu.

"Intermittent fasting ini kalau puasanya tidak diimbangi dengan asupan nutrisi yang baik, maka akan terjadi efek yang tidak baik untuk badan dapat menurunkan semua aktivitas-aktivitas hormonal termasuk hormon-hormon reproduksi," ujarnya lagi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm