Indikator bensin untuk menunjukkan isi BBM di tangki.(Kompas.com/Erwin Setiawan)
Indikator bensin untuk menunjukkan isi BBM di tangki.(Kompas.com/Erwin Setiawan) ( KOMPAS.COM)

Rangkaian Perawatan Untuk Mobil yang Jarang Dipakai

24 Juni 2023 19:00 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil jarang dipakai bukan jaminan komponen bakal lebih awet. Beberapa bagian mobil justru dapat mengalami kerusakan bila tidak dirawat dengan baik.

Tidak cuna bagian mesin, kesiapan suatu mobil untuk dipakai juga dipengaruhi oleh bagian pendukung lainnya seperti ban, BBM, kenyamanan kabin dan tampilan eksterior.

Simak rangkaian perawatan berikut agar mobil yang jarang dipakai tetap dalam kondisi prima dan siap digunakan kapan pun.

1. Memanaskan mesin

Technical Leader Toyota Nasmoco Pemuda Semarang Paska Estu Wicaksono mengatakan, walau jarang dipakai mobil tetap perlu rutin dipanaskan walau sebentar saja.

“Penyakit umum mobil jarang pakai salah satunya aki tekor, hal ini bisa terjadi lantaran sistem pengisian tidak terjadi, akibatnya aki kekurangan daya listrik. Mobil diam selama sebulan saja bisa gagal starter," ucap Paska dikutip dari Kompas.com, Sabtu (24/6/2023).

Menurut Paska setidaknya tetap rutin memanaskan mesin meski hanya sebentar, cukup 3-5 menit saja sirkulasi oli dan arus aki dapat terisi. Untuk upaya perawatan paling efektifnya, Paska mengatakan idealnya dalam satu minggu sekali mobil digunakan jalan.

“Dengan demikian, oli bersirkulasi, pengisian daya listrik pada aki terjadi dan komponen-komponen lainnya juga bergerak seperti ban yang bisa benjol bila titik tumpunya tidak berganti,” ucap Paska.

2. Isi tangki BBM penuh

Dosen Konversi Energi Otomotif Universitas Negeri Semarang (Unnes) Widya Aryadi menjelaskan, sebenarnya bahan bakar tidak mungkin basi, tetapi kontaminan bisa masuk terlebih lagi tangki sering kosong.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm