V-belt 4 PK maksudnya memiliki 4 bukit (Tangakapan layar)
V-belt 4 PK maksudnya memiliki 4 bukit (Tangakapan layar) ( KOMPAS.COM)

Ini Bedanya anata Fan Belt, V-Belt dan Drive Belt

25 Juni 2023 16:31 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Fan belt, V-belt dan drive belt, ketiganya kerap dianggap sama, merujuk pada satu komponen berbahan karet yang berfungsi untuk memutarkan puli pada mesin mobil.

Faktanya ketiga komponen tersebut merupakan sabuk penggerak puli, tapi ada bedanya terkait fungsi dan karakternya.

Lantas, apa bedanya fan belt, V-belt dan drive belt?

Pemilik GK Auto Service Gunung Kidul Elin mengatakan ketiga sebutan tersebut bisa merujuk pada satu komponen pada mobil, namun sebenarnya bisa saja dibedakan mengingat teknologi otomotif banyak mengalami perubahan dari masa ke masa.

“Ditinjau dari bentuknya, sabuk penggerak ini bisa disebut V-belt karena penampang yang bersentuhan dengan puli berbentuk huruf V, itu sebabnya sampai sekarang masih disebut V-belt meski sudah mengalami penyempurnaan,” ucap Elin kepada Kompas.com, Sabtu (24/6/2023).

Elin mengatakan pada mobil-mobil zaman dulu, penggerak puli pada mesin masih memakai sabuk single PK sehingga bentuknya masih seperti huruf V dan mudah dimengerti oleh masyarakat.

Seiring berjalannya waktu, sabuk ini mengalami penyempurnaan dari yang tadinya cuma single PK menjadi 2 PK, hingga 7 PK. Sehingga, bentuk sabuk sudah tidak menyerupai huruf V walau prinsip kerjanya masih sama.

“PK itu maksudnya jumlah bukit pada sabuk yang menyerupai huruf V, pada masing-masing mobil membutuhkan sabuk berbeda-beda tergantung pulinya, sekarang V-belt malah terlihat seperti sabuk pipih,” ucap Elin.

Meski demikian penyebutan sabuk tersebut dengan istilah V-belt masih relevan karena prinsip kerjanya masih mengadopsi teknologi terdahulu, beda pada jumlah bukitnya saja.

Justru penyebutan fan belt atau tali kipas pada komponen ini sudah tidak relevan, karena mobil-mobil modern sejak tahun 90-an jarang memiliki kipas radiator yang digerakkan oleh sabuk.

“Kipas radiator umumnya digerakkan oleh motor, tapi karena kebiasaan dari dulu sabuk penggerak puli ini disebut fan belt, sampai sekarang juga masih dan orang-orang bengkel paham itu,” ucap Elin.

Elin juga mengatakan saat ini ada istilah baru yaitu drive belt atau sabuk penggerak. Sebutan tersebut lebih relevan karena bagaimana pun tugasnya sebagai penggerak puli seperti kompresor, alternator, pompa air dan lainnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Bedanya Fan Belt, V-Belt dan Drive Belt", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/25/094100015/ini-bedanya-fan-belt-v-belt-dan-drive-belt.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm