Deretan motor listrik Subsidi yang dipajang di Jakarta Fair 2023(KOMPAS.com/daafa)
Deretan motor listrik Subsidi yang dipajang di Jakarta Fair 2023(KOMPAS.com/daafa) ( KOMPAS.COM)

Ternyata Banyak Masyarakat yang Belum Memahami Soal Subsidi Motor Listrik

25 Juni 2023 17:14 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah telah menerapkan kebijakan subsidi motor listrik untuk masyarakat sejak tanggal 20 Maret 2023 lalu. Bagi siapa saja yang tercatat sebagai penerima, bisa mendapatkan biaya potongan senilai Rp 7 juta.

Pemeriksaannya pun sejatinya cukup gampang, masyarakat cukup mendatangi diler-diler motor listrik dan menyerahkan KTP untuk melakukan cek NIK.

Kendati pemerintah telah menyuluh soal program ini, ternyata masih banyak masyarakat yang belum memahami skema, tata cara, bahkan manfaat dari subsidi motor listrik.

Smartby, salah satu eksibitor yang menjual motor listrik di Jakarta Fair 2023, menyediakan layar interaktif yang bisa digunakan untuk mengecek status penerima subsidi. Hal itu dilakukan untuk menarik minat pengunjung.

Redaksi sempat bercakap-cakap dengan 20 pengunjung yang hadir. Ternyata, cuma segelintir yang sudah mengetahui informasi seputar subsidi motor listrik Rp 7 juta dari pemerintah.

Asri, Ibu Rumah Tangga (IRT) asal Bekasi, Jawa Barat, mengaku tidak tahu kalau ada dana bantuan dari pemerintah bagi para penerima subsidi kendaraan listrik.

Dirinya bahkan mengaku takjub saat diberi tahu kalau dengan pemangkasan biaya setelah subsidi, ada beberapa motor listrik yang harganya bisa di bawah Rp 10 juta.

“Saya baru tahu sekarang ini, setelah lihat orang-orang ramai (berkumpul untuk memeriksa NIK KTP),” ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (23/6/2023).

Cerita unik lainnya juga dibagikan Nupus, IRT asal Cinere, Jawa Barat. Dirinya sempat salah kaprah dan mengira, penerima subsidi bisa membeli motor listrik seharga Rp 7 juta yang sudah disediakan pemerintah.

“Saya kira bisa dapet motor yang harganya Rp 7 juta, ternyata itu cuma diskon saja,” ujarnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm