Tampilan ruang mesin Toyota Raize(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Tampilan ruang mesin Toyota Raize(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Apakah Aman Mencuci Ruang Mesin Mobil Pakai Air?

25 Juni 2023 21:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ruang mesin menjadi salah satu bagian pada mobil yang jarang diperhatikan oleh pemilik. Sehingga tak jarang ditemukan ruang mesin kendaraan roda empat yang cukup kotor.

Tapi bagi yang berniat untuk membersihkanya, harap memperhatikan beragam aspek supaya tidak timbul masalah. Sebab membersihkan ruang mesin khususnya memakai air, sangat rentan membuat mobil mogok sampai terjadi kebakaran.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Division Service PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, air bisa masuk ke socket wiring yang bisa menyebabkan short circuit.

Korsleting bisa terjadi ketika aliran listrik yang mengalir tidak sesuai dengan nilai hambatan. Dampaknya, dapat terjadi kerusakan pada komponen kelistrikan. Sehingga, bisa membuat mobil menjadi mogok.

Parahnya lagi, bisa menimbulkan percikan api yang berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran atau ledakan.

“Cara yang aman membersihkan ruang mesin menggunakan lap basah saja. Tidak perlu disemprot apalagi pakai steam,” kata Bambang kepada Kompas.com.

Hal yang sama juga dinyatakan Foreman Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Aji Dwi Nugroho. Mengingat, banyak komponen elektronik di ruang mesin.

"Mencuci ruang mesin boleh saja, tapi sebaiknya tidak usah dicuci, karena risikonya cukup tinggi, banyak komponen elektronik di dalamnya seperti kotak sekring, koil pengapian, ECM dan lain sebagainya," katanya.

“Seperti koil pengapian, itu bisa jadi bocor karena air membuat arus listrik lebih mudah menembus selongsong koil, akhirnya selongsong koil terbakar karena ada arus listrik yang bocor,” ucap Aji.

Dia mengatakan dampak dari bocornya koil bisa membuat performa mesin menurun, brebet hingga boros bahan bakar.

“Ada pun kerusakan lain bisa menjadi lebih serius dan membutuhkan biaya perbaikan yang sangat tinggi, bila sampai rangkaian elektriknya korsleting, atau membuat ECU rusak,” kata dia lagi.

Maka ia menganjurkan untuk menghindari mencuci ruang mesin mobil memakai air. Apabila terpaksa, lapisi beberapa bagian penting tadi dengan plastik atau bahan yang tahan air.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Amankah Mencuci Ruang Mesin Mobil Pakai Air?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/25/203100315/amankah-mencuci-ruang-mesin-mobil-pakai-air-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm