Disperidag Provinsi Babel Gelar Bimtek SIINAS
Disperidag Provinsi Babel Gelar Bimtek SIINAS ( Disperindag Babel)

Disperidag Provinsi Babel Gelar Bimtek SIINAS

27 Juni 2023 17:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Industri Nasional (SIINAS).

Mengundang 50 pelaku usaha dan Aparatur Silpil Negara (ASN) yang membidangi SIINAS, kegiatan Bimtek tersebut dilaksanakan Selasa pagi (27/6) di dua ruangan hotel Bangka City Kota Pangkalpinang, Provinsi Kabel.

Kegiatan yang dilakukan selama satu hari itu, di buka langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel, di dampingi Kabid Bidang Pengendalian dan Fasilitasi Usaha Industri Supianto.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Tarmin menjelaskan, bahwa saat ini tercatat hanya ada 28 persen dari total perusahan industri di Bangka Belitung yang berlabel patuh dalam pemenuhan aspek perizinan berusaha.

Dan ini menurutnya, menjadi perhatian bersama untuk lebih serius dalam membenahi aspek perizinan dan pelaporan usaha bagi para pelaku industri guna menciptakan iklim usaha yang lebih kompetitif dan pro-investasi serta pro-pemberdayaan masyarakat.

Oleh sebab itu dirinya berharap, melalui Bimtek SIINAS ini seluruh peserta dapat diberikan pemahaman dan peningkatan keterampilan, terutama bagi para pelaku industri dan aparatur pemegang akses SIINAS untuk lebih terampil dalam mengoperasikan akun SIINAS, sehingga kendala pelaporan dapat dieliminasi dan pemenuhan perizinan berusaha dapat tercapai yang nantinya berujung pada pemberdayaan perekonomian secara agregat.

“akhirnya, kami… pemerintah daerah akan terus berupaya seoptimal mungkin memberikan yang terbaik bagi pertumbuhan dan pengembangan industri Bangka Belitung, terlebih dalam menghadapi era disrupsi yang sudah semakin tak terkendali saat ini akibat gencarnya penggunaan artificial intelegence di berbagai bidang dalam men-support sistem kerja dan perubahan paradigma perilaku manusia,” tutupnya.

Sementara itu, Kabid Bidang Pengendalian dan Fasilitasi Usaha Industri Disperindag Provinsi Babel Supianto, dalam laporannya sebagai ketua pelaksana Bimtek SIINAS menuturkan, bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan secara praktikal serta optimalisasi penggunaan dan pelaporan data industri melalui Sistem Informasi Industri Nasional (SIINAS) sebagai salah satu bentuk kepatuhan proses perizinan industry.

Dimana peserta kegiatan Bimtek Sistem Informasi Industri berjumlah lima puluh peserta, yang terdiri atas ASN Operator, atau Admin Pemegang Akses SIINAS dan perwakilan perusahaan industri.

“Kegiatan Bimtek Sistem Informasi Industri dilaksanakan selama satu hari, tanggal 27 Juni 2023 di Hotel Bangka City, Pangkalpinang,” katanya.
Untuk menambah pemahaman peserta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel mengundang dua narasumber yaitu Hery Mulyana, S.Si, MSE selaku Koordinator Fungsi Sistem Informasi Industri Nasional dari Pusdatin Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dan Rahmat Trisandy selaku Pengelola Data Statistik dari Pusdatin Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

PenulisZulhaidir
EditorZulhaidir
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm