Ban di MotoGP memainkan peran penting karena secara harfiah memungkinkan motor untuk bergerak. (Foto: onestopracing.com)
Ban di MotoGP memainkan peran penting karena secara harfiah memungkinkan motor untuk bergerak. (Foto: onestopracing.com) ( KOMPAS.COM)

Berapa Tekanan Ban Motor Pada MotoGP?

27 Juni 2023 19:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ban di MotoGP memainkan peran vital karena secara harafiah memungkinkan motor untuk bergerak. Ban adalah satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal sirkuit.

Oleh karena itu, tidak mengherankan kalau tekanan ban di MotoGP harus berada dalam kisaran PSI yang tepat. Lantas, berapa tekanan ban minimal di MotoGP?

Dilansir dari onestopracing, di MotoGP, ban depan di MotoGP harus memiliki tekanan ban minimal 1,9 bar, sedangkan ban belakang harus memiliki tekanan minimal 1,7 bar.

Jika seorang pebalap MotoGP tidak mematuhi batas tekanan ban yang telah ditetapkan, maka dianggap melanggar aturan.

Selain itu suhu dapat mempengaruhi tekanan ban. Banyak faktor yang bisa memengaruhi mulai dari sirkuit, cuaca, bahkan motor saat melakukan slipstream bisa memengaruhi tekanan ban.

Disebutkan bahwa ban bisa pecah jika tekanannya terlalu rendah namun di satu sisi traksi alias cengkeraman ban ke aspal akan berkurang jika tekanan terlalu tinggi.

Dari kedua ban yaitu ban depan dan belakang, ban depan yang disebut memiliki kemungkinan mengalami penurunan atau kenaikan tekanan cukup besar yaitu sampai 2,2 bar.

Tekanan ban yang berbeda berdampak besar pada motor. Misalnya, perbedaan tekanan ban depan sebesar 2,08 bar hingga 1,90 bar dapat menyebabkan cara berkendara yang sangat berbeda.

Jika pebalap kehilangan tekanan ban depan dengan cepat maka yang terjadi motor tidak akan belok.

Maka dari itu agar tekanan ban sama rata di seluruh tim, MotoGP kini memakai sensor tekanan ban di setiap roda. Memastikan tekanan ban semua pebalap sama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berapa Tekanan Ban Motor MotoGP?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/27/104200815/berapa-tekanan-ban-motor-motogp-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm