HMD Global meluncurkan smartphone Nokia G42 terbarunya yang menjadi perangkat 5G pertama yang dapat diperbaiki sendiri di rumah
HMD Global meluncurkan smartphone Nokia G42 terbarunya yang menjadi perangkat 5G pertama yang dapat diperbaiki sendiri di rumah ( Giz China)

Nokia G42 Resmi, HP 5G yang Bisa Diperbaiki Sendiri

1 Juli 2023 10:17 WIB

SonoraBangka.ID - HMD Global, pemegang lisensi smartphone Nokia meluncurkan smartphone terbaru dari keluarga G-series, yaitu Nokia G42.

Menurut perusahaan, Nokia G42 menjadi perangkat 5G pertama yang dapat diperbaiki secara mandiri oleh pengguna di rumah, bahkan hingga mengganti baterai dan layar yang rusak atau sudah mengalami penurunan kinerja.

Dengan kemampuan memperbaiki perangkat di rumah, umur perangkat diharapkan bisa bertahan lebih lama.

HMD Global menggandeng iFixit, komunitas yang gemar membongkar dan melakukan perbaikan berbagai gadget.

iFixit nantinya akan memberi panduan, alat, serta komponen yang dibutuhkan untuk memperbaiki Nokia G42, sama seperti di Nokia G22 sebelumnya.

Perusahaan menjelaskan bahwa casing perangkat terbuat dari 65 persen bahan daur ulang. Nokia G42 juga diklaim memiliki ketahanan yang lebih tinggi karena telah melewati uji benturan yang 2x lebih banyak dan metode uji tekan yang baru.

Spesifikasi Nokia G42

Nokia G42 dibekali panel IPS LCD seluas 6.56 inci yang menawarkan resolusi HD Plus (1.612x720 piksel) dengan rasio 20:9. Layar perangkat mendukung 16,7 juta warna dengan tingkat kerapatan piksel 269 piksel dan tingkat kecerahan maksimal 500 nits.

Layar juga sudah dilapisi kaca pelindung dari Corning Gorilla Glass 3,Nokia G42 dihiasi poni berbentuk V untuk menampung kamera beresolusi 8 MP atau 16 MP. Kemungkinan setiap wilayah akan memiliki versi yang berbeda-beda.

Sementara itu, di bagian punggung, kamera dilengkapi tiga sensor kamera yang masing-masing beresolusi 50 MP (f/1.8), kamera makro 2 MO, dan kamera depth sensor 2 MP. Ketiganya dilengkapi fitur fokus otomatis dan lampu kilat LED (LED flash).

Soal performa, Nokia G42 ditenagai oleh chipset Snapdragon 480 Plus 5G. Walau chipset tersebut tergolong kelas bawah, namun diklaim Nokia dapat menangani sejumlah tugas dengan mudah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm