Rem mobil(Dicky Aditya Wijaya)
Rem mobil(Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Kenapa Rem Mobil Berdecit Setelah Melakukan Ganti Kampas?

1 Juli 2023 16:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Setelah mobil melakukan penggantian kampas rem normalnya sistem akan bekerja dengan lebih baik. Tapi faktanya, kerap ada gejala rem berdecit saat proses pengereman atau mobil hendak berhenti.

Ada banyak penyebab rem berdecit, tapi jika masalahnya justru timbul setelah dilakukan penggantian kampas rem maka kemungkinan penyebabnya dapat dikerucutkan pada beberapa faktor.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, ada banyak penyebab rem mobil berdecit atau bunyi saat aktif, penggunaan jenis kualitas kampas menjadi salah satu penyebabnya.

“Ada banyak jenis kampas rem dijual di pasaran, kami biasa menyebutnya KW, ada kampas rem yang terbuat dari bahan yang lebih keras dari standarnya, sehingga ini bisa menyebabkan rem berbunyi saat aktif,” ucap Ibrohim dikutip dari Kompas.com, Sabtu(1/7/2023).

Ibrohim mengatakan kampas rem yang lebih keras daripada standarnya akan menimbulkan gesekan yang tidak sempurna pada rotor disc atau piringan rem.

Jika kampas KW ini digunakan dalam waktu lama, tidak cuma bunyi berdecit yang menjadi kerugian tapi komponen lain juga bisa lebih cepat aus.

“Karena kampas rem lebih keras dari ketentuannya, maka rotor disc bisa kalah, akibatnya lebih cepat aus atau termakan, lama-lama permukaannya menjadi tidak rata,” ucap Ibrohim.

Selain kampas rem, permukaan rotor disc yang tidak rata juga dapat menyebabkan rem berdecit saat aktif. Bunyi tersebut timbul justru ketika kampas rem baru saja diganti karena bentuk kampas rem baru belum menyesuaikan.

“Kampas rem baru memiliki permukaan yang rata, sedangkan kampas rem lama memiliki permukaan klop dengan permukaan rotor disc yang cekung atau tidak rata, akibatnya ketika kampas rem baru digunakan menyebabkan bunyi,” ucap Ibrohim.

Ibrohim mengatakan, permukaan kampas rem yang tidak menyatu secara sempurna dengan rotor disc akan menyebabkan gaya gesek tidak merata bahkan cenderung menyebabkan bunyi berdecit saat bertautan.

Pada kasus ini, bunyi berdecit bisa terjadi walau kampas rem berkualitas orisinal karena pemicunya bukan tingkat kekerasan bahan namun luas permukaan kampas yang bersinggungan dengan piringan rem.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenapa Rem Mobil Berdecit Setelah Ganti Kampas?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/01/084200715/kenapa-rem-mobil-berdecit-setelah-ganti-kampas-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm