pasang sunroof mobil(dok Cibubur Sunroof)
pasang sunroof mobil(dok Cibubur Sunroof) ( KOMPAS.COM)

Cara Sederhana Untuk Merawat Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof

3 Juli 2023 17:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sejumlah mobil mewah yang dijual di Indonesia sudah dibekali dengan fitur sunroof, moonroof atau panoramic roof. Agar fitur ini berfungsi dengan baik, maka dibutuhkan perawatan ekstra supaya tidak cepat rusak, terutama ketika musim hujan.

Pasalnya, saat musim hujan kaca mobil rentan mengalami kebocoran dan engsel yang macet akibat terlalu banyak kotoran.

Avudt, pemilik bengkel spesialis sunroof dan moonroof, Cibubur Sunroof menjelaskan, pada dasarnya penyebab sunroof, moonroof atau panoramic roof alami kebocoran adalah tidak adanya jalur pembuangan air dan talang air.

“Jika instalasinya benar, ada jalur pembuangan dan talang airnya maka tidak akan bocor. Kalau pun rembes dan mampet di plafon tinggal dibersihkan saja talang airnya,” kata Avudt, kepada Kompas.com, Sabtu (1/6/2023).

Selain itu, banyak yang beranggapan karet pada sunroof, moonroof atau panoramic roof sering getas kalau terkena cahaya matahari secara terus menerus sehingga menyebabkan kebocoran. Padahal anggapan itu kurang tepat.

“Kalau karetnya robek sekalipun, tapi talang airnya normal tidak akan bocor, karena tetap ada sirkulasinya,” ujar Avudt.

Avudt juga menyarankan pemilik kendaraan sebaiknya bersihkan rel sunroof, moonroof atau panoramic roof paling tidak satu tahun sekali.

“Paling bagus enam bulan sekali, untuk dibersihkan jalur rel dan talang airnya,” ucap Avudt.

Sementara untuk perawatan kaca sunroof, moonroof atau panoramic roof tidak perlu perlakuan khusus. Artinya, cukup dibersihkan layaknya kaca depan pada mobil.

“Kalau (perawatan) kaca sunroof, moonroof atau panoramic roof sama saja dengan kaca depan mobil, tidak ada perawatan khusus,” kata Avudt.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Sederhana Merawat Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/03/164100615/cara-sederhana-merawat-sunroof-moonroof-dan-panoramic-roof.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm