ilustrasi cake kue tart
ilustrasi cake kue tart ( FREEPIK/pressfoto)

Ikuti Sebelum Terlamabt, Berikut 5 Cara Cegah Kue Menjadi Gagal

3 Juli 2023 20:37 WIB

SonoraBangka.id - Sedang ingin membuat kue di rumah? Sebagai pemula, membuat kue sering kali tidak sesuai dengan harapan. Mungkin saja, kue menjadi gagal dan membuat kecewa. Namun, jangan dulu kecewa terlalu dalam. Ada beberapa tips menyelamatkan kue menjadi gagal. Mulai dari melakukan beberapa tambahan bahan agar kue bisa mengembang hingga menambahkan topping agar kue terlihat lebih cantik.  Simak beberapa tips mencegah kue menjadi gagal berikut ini.  

1. Kue terlalu kering

Dilansir dari Taste of Home, salah satu kegagalan saat membuat kue adalah saat kue menjadi terlalu kering. Ada cara cegah kue menjadi terlalu kering, salah satunya dengan mengatur suhu oven sesuai. Jangan gunakan suhu oven terlalu panas sehingga adonan akan menjadi kering.

2. Kue tidak matang merata

Selanjutnya, kue bisa saja terlihat matang atau gosong di bagian luarnya tetapi masih basah di bagian dalamnya. Ada cara memastikan matang yaitu masukkan tusuk gigi, penguji kue atau bahkan sepotong spageti kering ke tengah kue. Jika hasilnya bersih atau ada satu atau dua remah, berarti kue sudah matang.

3. Bagian atasnya retak

Kue bisa menjadi pecah-pecah jika dipanggang terlalu cepat. Kamu bisa mencegahnya dengan mengatur suhu oven yang tepat. Selain itu, kue yang bagian atasnya retak bisa jadi karena mengisi loyang dengan adonan sampai penuh. Sebaiknya hindari, tuang adonan kue hingga setengah loyang.

4. Permukaan kue yang cekung di tengahnya

Bagian tengah yang cekung ini bisa jadi merupakan hasil dari penggunaan baking powder yang terlalu banyak. Jangan tergoda untuk menambahkan baking soda terlalu banyak. Tambahkan sedikit demi sedikit agar kue bisa mengembang saat dipanggang dan cekung saat dingin.

5. Adanya garis lengket di bagian tengah kue

Garis lengket pada kue ini disebabkan karena adonan kue yang mengendap saat dipanggang. Adonan kue yang terlalu banyak menggunakan telur, mentega, dan gula akan membuatnya turun di bawah loyang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Cegah Kue Menjadi Gagal, Ikuti Sebelum Terlambat", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/03/121300175/5-cara-cegah-kue-menjadi-gagal-ikuti-sebelum-terlambat?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm