Selain masalah gizi, ternyata polusi udara bisa jadi faktor penyebab stunting.(Shutterstock/Yuganov Konstantin)
Selain masalah gizi, ternyata polusi udara bisa jadi faktor penyebab stunting.(Shutterstock/Yuganov Konstantin) ( KOMPAS.COM)

Mengenal Apa Itu Stunting, Gejala, Penyebab, dan Bagaimana Cara Untuk Mencegahnya

3 Juli 2023 21:09 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Stunting menjadi salah satu masalah kesehatan yang mendapat perhatian serius dari pemerintah.

Dikutip dari laman Kemkes, pada tahun 2021 prevalensi anak dengan stunting di Indonesia sebanyak 24,4 persen.

Sementara pada tahun 2022, prevalensi stunting anak turun menjadi 21,6 persen.

Tahun 2024 nanti, Presiden Jokowi berharap prevalensi stunting bisa kembali turun. Ia menargetkan, stunting di Indonesia bisa turun hingga 14 persen.

“Oleh sebab itu target yang saya sampaikan 14 persen di tahun 2024. Ini harus bisa kita capai, saya yakin dengan kekuatan kita bersama semuanya bisa bergerak. Angka itu bukan angka yang sulit untuk dicapai asal semuanya bekerja bersama-sama,” ucap Jokowi.

Lantas, apa itu stunting yang saat ini menjadi perhatian serius pemerintah?

Apa itu stunting?

Dikutip dari laman Buku Stunting Desa, stunting adalah sebuah kondisi di mana tinggi badan seseorang lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang lain yang seusia.

Stunting termasuk dalam gangguan tumbuh kembang anak yang disebabkan oleh kekurangan asupan gizi, terserang infeksi, maupun stimulasi yang tak memadai.

Sayangnya, stunting tak cuma menyebabkan masalah perkembangan dan pertumbuhan saja.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm