Tombol Shift Lock pada mobil matik gunanya memindahkan posisi tuas gigi saat mesin mobil mati(Dicky Aditya Wijaya)
Tombol Shift Lock pada mobil matik gunanya memindahkan posisi tuas gigi saat mesin mobil mati(Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Satu Hal yang Wajib Diketahui Mengenai Perawatan Mobil Transmisi Matik

4 Juli 2023 16:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Perawatan adalah kunci menjaga kondisi mobil tetap sehat. Selain mesin, kaki-kaki dan kelistrikan, satu hal yang perlu dijaga kondisinya ialah transmisi terutama transmisi mobil matik.

Seperti diketahui mobil matik dibuat untuk memudahkan saat berkendara. Dalam pengoperasiannya mobil matik lebih sederhana, tapi sejalan dengan kemudahan perlu perhatian agar kondisinya tetap prima.

Pemilik bengkel spesialis Worner Matik Hermas Efendi Prabowo mengatakan, hal yang perlu dilakukan pemilik ialah menjaga kondisi oli tetap baik karena "nyawa" transmisi matik pada tekanan oli.

"Terutama dalam perawatan (mobil matik) sering diabaikan penggantian oli matik secara rutin. Banyak yang datang ke Worner sudah terlambat sehingga bisa dibilang sudah kadung (bermasalah)," kata Hermas kepada Kompas.com, Senin (3/7/2023).

Hermas mengatakan, jika pemilik sering terlambat mengganti oli maka bisa berakibat buruk. Sebab oli jika dipakai terus viskosistasnya berubah, kandungan kotoran dan keketalannya juga berubah.

"Perubahan itu akan memengaruhi tekanan oli sehingga matik tidak bekerja sempurna. Ketika dia mendapatkan beban berat misalnya saat tanjakan terus atau kecepatan tinggi jadi masalah," kata Hermas.

"Saat dibawa biasa tidak terlihat tapi begitu ke luar kota baru terlihat. Waktu ngebut baru terasa. Karena sebetulnya tidak dalam kondisi sempurna karena oli," ujar Hermas.

Iwan Pratikno bekas mekanik Honda, mengatakan, transmisi matik tidak sebenarnya tidak cuma transmisi otomatis konvensional saja, melainkan ada jenis transmisi matik lainnya seperti CVT.

“Kesalahan yang sering dilakukan pengguna mobil matik, tidak mengetahui apa jenis transmisi matik untuk mobilnya, apakah AT atau CVT, padahal keduanya berbeda, oli yang digunakan juga berbeda,” ucap Iwan.

Iwan mengatakan transmisi yang menggunakan oli yang tidak sesuai akan cenderung mengalami kerusakan lebih cepat karena tidak mendapatkan pelumasan yang optimal.

“Sebelum membeli oli matik, pastikan dulu apa jenis transmisi matik yang ada pada mobil, apakah AT atau CVT atau jenis lainnya, dan beli oli yang sesuai guna menjaga performa transmisi dan menjaga keawetannya,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Satu Hal yang Wajib Diketahui Soal Perawatan Mobil Transmisi Matik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/04/094200415/satu-hal-yang-wajib-diketahui-soal-perawatan-mobil-transmisi-matik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm