Pemeriksaan kondisi kaki-kaki dan rem mobil di bengkel resmi(KOMPAS.com/daafa)
Pemeriksaan kondisi kaki-kaki dan rem mobil di bengkel resmi(KOMPAS.com/daafa) ( KOMPAS.COM)

Ketahui Tanda Rem Mobil Mulai Ada Masalah

4 Juli 2023 17:33 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sering terjadi kecelakaan yang diakibatkan oleh rem blong. Maka dari itu, sebagai pengguna perlu melakukan perawatan rem secara rutin biar lebih aman.

Selain itu, pengemudi juga bisa mendeteksi kinerja rem lebih dini untuk menghindari terjadinya rem blong. Langkah ini perlu dilakukan sebelum kita melakukan perjalanan.

Lantas, seperti apa cara mengenali tanda-tanda kinerja rem mulai bermasalah?

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan perlu dilakukan pemeriksaan rem secara mandiri setiap pagi guna mengantisipasi rem blong.

"Cek komponen-komponen rem setiap hari saat pagi, sebelum berkendara. Piringan, selang dan minyak remnya," ucap Sony dikutip dari Kompas.com, Selasa (4/7/2023).

Sony mengatakan perlu memperhatikan kondisi rem secara visual, serta mendeteksi hal-hal yang tidak biasa pada pedal rem. Misalnya, muncul bunyi atau bau yang sebelumnya tidak ada.

Bermodalkan dari kepekaan tersebut, pengemudi yang biasa menggunakan mobil tersebut setiap hari pasti akan mengetahui kalau ada perubahan dan itu tidak boleh diabaikan begitu saja.

"Brake check setiap akan berkendara, lihat hal yang tidak biasa. Ada bunyi, bau, rasa yang aneh enggak," ucap Sony.

Kemudian saat berkendara, jangan sering mengerem secara kasar. Sony juga menyarankan pengemudi untuk menggunakan engine brake, agar kinerja rem bisa terbantu saat kendaraan akan diperlambat kecepatannya.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan bahwa ada beberapa faktor penyebab rem blong, mulai faktor usia hingga kelalaian pemilik mobil dalam merawat kendaraannya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm