Mesin mobil tua Toyota Kijang Kapsul(Kompas.com/Daafa)
Mesin mobil tua Toyota Kijang Kapsul(Kompas.com/Daafa) ( KOMPAS.COM)

Mitos atau Fakta, Oli Pada Motuba Lebih Cepat Habis?

6 Juli 2023 20:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Aktivitas Merawat mobil tua (motuba) bisa dikatakan susah-susah gampang, karena kadang kala dijumpai beberapa kendala yang cukup merepotkan.

Satu kendala motuba yang konon katanya kerap terjadi adalah ‘mesin haus’ yang mengakibatkan oli mobil cepat habis, benarkah demikian?

Tri Hari Setiawan, Teknisi sekaligus Anggota Senior Kijang Kapsul Community Indonesia (KKCI) Jakarta menjelaskan, kendala mesin haus memang bisa terjadi, namun bukan karena masalah mobil.

Menurutnya, hal itu terjadi karena pengguna kurang jeli soal perawatan. Dalam hal ini, motuba jenis Kijang Kapsul lansiran tahun 1997-2004 memang membutuhkan oli dengan viskositas atau kekentalan tertentu.

“Kelirunya pengguna, apalagi yang masih hijau (pemula), itu pakai oli keluaran terbaru buat mobil kijang kapsul. Nah, inilah pangkal permasalahannya,” ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (5/7/2023).

Dia menjelaskan, oli yang paling cocok untuk semua motuba khususnya kijang kapsul, adalah jenis SAE 10W-40 dengan tingkat viskositas yang cukup tinggi.

Sebagai perbandingan, mobil-mobil lansiran terbaru seperti Innova Zenix direkomendasikan pakai oli dengan jenis 0W-16 yang terbilang encer.

“Asalkan pakai jenis yang sesuai, seharusnya mesin jadi enggak haus dan oli enggak akan cepat habis,” ucap Hari.

Berkenaan dengan hal ini, Ekowati, Technical Leader Auto2000 Kalimalang menjelaskan, motuba butuh oli yang kental karena kompresi mesinnya tinggi.

“Mayoritas kijang kapsul kan mesinnya masih karbu dan belum injeksi, jadi memang tidak cocok kalau diisi oli encer. Bukannya bagus, justru bermasalah,” ucapnya.

Menurut Eko, setidaknya akan ada dua kendala yang bisa dirasakan pengguna kalau salah mengisi oli, yakni mesin nggelitrik dan tarikannya tidak nyaman.

“Mesin motuba yang jenisnya karbu biasanya butuh oli dengan tingkat API-SN. Oli jenis ini masih banyak diproduksi jadi mudah dicari, yang penting riset dulu saja (sebelum mengganti oli), atau ganti oli di bengkel servis supaya tidak keliru,” kata Eko.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Oli Motuba Lebih Cepat Habis?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/06/124200315/mitos-atau-fakta-oli-motuba-lebih-cepat-habis-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm