Kabin mobil kijang kapsul terbilang lega dan nyaman(Kompas.com/Daafa)
Kabin mobil kijang kapsul terbilang lega dan nyaman(Kompas.com/Daafa) ( kompas.com)

Penyebab Terjadinya Kabin Mobil Berbau Tidak Sedap

6 Juli 2023 20:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Banyak terjadi kasus kabin bau tidak sedap walau fitur sirkulasi udara sudah diaktifkan. Hal tersebut terjadi karena AC memutar udara yang ada di kabin yang sebelumnya sudah apak.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna menjelaskan, bau tidak sedap terjadi sebab AC mobil berputar terus di dalam. Sedangkan awalnya di kabin ada kotoran semisal debu, bekas makanan atau pakaian kotor.

"Jadi hal itu mengandung banyak bakteri. Kotoran itu yang menyebabkan bakteri dan bakteri itu yang menyebabkan bau apak," kata Suparna kepada Kompas.com, Rabu (5/7/2023).

"Bau apak dan lainnya itu terdistribusi ke seluruh ruangan karena diputar oleh sistem AC, dan di dalam evaporator itu ada semacam kisi-kisi kecil, kotoran itu akan tertampung di sana dan akan menyebabkan bau apak," kata dia.

"Apakah apaknya di karpet atau di mana saja akan terbawa ke dalam evaporator. Sehingga kadang kalau kita lihat evaporator kadang kala kotor bahkan seperti mampet dan berlendir, nah itu baunya dari sana," ujar Suparna.

Hal yang perlu dilakukan kata Suparna ialah membersihkan kabin secara total mulai dari karpet hingga jok. Kemudian baru membersihkan AC yaitu bagian evaporator supaya kembali bersih.

"Saat servis berkala di bengkel resmi kami selalu sarankan untuk melakukan perawatan AC misalnya perawatan kedua pakai super light kemudian heavy dirawat setiap enam bulan dibersihkan agar AC terjaga," kata dia.

"Contoh ya, kamu punya AC di rumah dua bulan tidak dibersihkan saja sudah tidak enak sama seperti mobil," ujar Suparna.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penyebab Kabin Mobil Berbau Tidak Sedap", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/06/150200015/penyebab-kabin-mobil-berbau-tidak-sedap.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm