Sejumlah petugas kepolisian dari Satlantas Polresta Bandung kembali menerapkan tilang manual di Soreang, dalam operasi tersebut sebanyak 45 pelanggaran berhasil ditemukan(KOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah)
Sejumlah petugas kepolisian dari Satlantas Polresta Bandung kembali menerapkan tilang manual di Soreang, dalam operasi tersebut sebanyak 45 pelanggaran berhasil ditemukan(KOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah) ( KOMPAS.COM)

Polisi yang Bisa Untuk Melakukan Tilang Juga Mesti Diawasi

9 Juli 2023 18:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Polisi kembali memberlakukan tilang manual setelah sebelumnya cuma menggunakan tilang elektronik, karena kamera ETLE dianggap belum mampu menjangkau seluruh jalan yang ada di Indonesia.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, hanya polisi bersertifikat yang bisa melakukan tilang manual, dan tidak semua petugas dapat menilang pengemudi.

"Arahan bapak Kapolri sudah jelas sekarang yang boleh melakukan penilangan adalah penyidik yang bersertifikasi. Jadi tidak semua anggota di jalan dibekali dengan tilang," ujar Firman dalam rapat bersama Komisi III DPR RI, yang disiarkan Youtube DPR RI (5/7/2023).

Budiyanto, pemerhati masalah transportasi dan hukum mengatakan, langkah ini harus didukung sebab merupakan upaya polisi meningkatan profesionalisme anggota yang bertugas di lapangan.

"Karena apa yang dilakukan oleh petugas pada saat melakukan pemeriksaan akan memiliki konsekuensi hukum," kata Budiyanto dalam keterangan resmi, Minggu (9/7/2023).

"Persyaratan formal dan kompetensi sebagai persyaratan penting bagi petugas yang melakukan pemeriksaan dan penindakan pelanggaran lalu-lintas di jalan untuk menekan atau meniadakan penyalahgunaan wewenang," kata Budiyanto.

Meski demikian, Budiyanto mengatakan, sistem pengawasan tetap harus dibangun dengan tujuan supaya apa yang menjadi kebijakan pusat dapat berjalan dengan baik.

"Partisipasi masyarakat juga diperlukan untuk saling mengawasi, memberikan support bahkan memberikan saran, masukan dan kritikan terhadap kebijakan tersebut," kata Budiyanto.

"Keterlibatan semua pihak diharapkan dapat mendorong kebijakan tersebut dapat berjalan dengan baik," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polisi yang Bisa Melakukan Tilang Juga Mesti Diawasi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/09/134100715/polisi-yang-bisa-melakukan-tilang-juga-mesti-diawasi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm